Advertisement

DIY Jadi Venue Liga 1, PSSI Diminta Beri Edukasi ke Penonton

Lugas Subarkah
Kamis, 18 Juni 2020 - 07:37 WIB
Sunartono
DIY Jadi Venue Liga 1, PSSI Diminta Beri Edukasi ke Penonton PSSI - PSSI.Org

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Ketua PSSI memberi sinyal penggunaan Jogja sebagai homebase dan venue bagi tim luar Jawa dalam lanjutan liga 1. Menanggapi hal ini, Pemerintah Daerah (Pemda) DIY menyatakan siap mengemban tugas ini.

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji, menuturkan pihaknya mempersilakan jika Jogja akan digunakan PSSI untuk dijadikan homebase dan venue. "Silakan saja kalau memang dipandang stadion di DIY cukup representatif," ujarnya, Selasa (16//6/2020).

Advertisement

Ia melihat di DIY, iklim sepak bolanya cukup bagus. Hal ini terbukti dengan tingginya antusiasme penonton di setuap pertandingan. Kendati demikian, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, salah satunya kekerasan suporter yang kerap terjadi.

Soal Kelanjutan Liga 1 2020, Ini Perkiraan Manajemen PSS

Untuk itu ia berpesan agar PSSI dapat mengedukasi penonton agar tidak menggunakan kekerasan saat tim kesayangannya kalah. "Saya pesan PSSI dan tim yang memakai untuk mengedukasi penonton," ungkapnya.

Menurutnya, sebagian suporter bukan saja fanatik terhadap timnya tapi hanya ingin rusuh. Banyak dari suporter yang kecewa saat timnya kalah dan akhurnya membuat rusuh. Padahal kata dia, kekalahan adalah bahan untuk introspoksi.

Dengan betlangsungnya liga 1 di Jogja, mobilitas dari luar daerah akan semakin besar. Sebab itu pihaknya akan memperketat pengawasan protokol kesehatan di bandara. "Kalau di Bandara lebih mudah karena sebelum berangkat diskrining, sampai di sini diskrining lagi," katanya.

Wakil Ketua Asprov PSSI DIY, Wahyudi Kurniawan, mengungkapkan kendati sudah ada wacana pemakaian Jogja sebagai homebase dan venue, pihaknya belum mendapat pernyataan resmi dari PSSI. "Belum ada konfirmasi sampai sekarang," kata dia.

Meski demikian ia menyatakan siap jika Jogja fiks digunakan untuk homebase dan venue di lanjutan liga 1 mendatang. Ia juga berpesan karena masih dalam pqndemi covid-19, agar protokol kesehatan tetap dipatuhi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Jogja Tuan Rumah Superchallenge Supermoto 2024, Catat Tanggalnya

Olahraga
| Sabtu, 20 April 2024, 05:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement