Gagal Dapatkan Haaland, MU Kembali Terancam Urung Gaet Pemain Muda Parma

Erling Braut Haaland - Reuters/Leonhard Foeger
31 Desember 2019 01:27 WIB Chrisna Chaniscara Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Manchester United (MU) gagal mendatangkan Erling Braut Haaland. Wonderkid Norwegia itu menentukan jalannya dengan henkang dari RB Salzburg dan memilih Borussia Dortmund.

Padahal penyerang berusia 19 tahun itu sebelumnya diklaim segera bergabung dengan United karena ada kedekatan emosional dengan Ole Gunnar Solskjaer yaitu sama-sama berkewarganegaraan Norwegia. Haaland sejatinya lahir di Leeds, Inggris, pada 21 Juli 2000. Namun, ayahnya Alf-Inge Rasdal Haaland adalah warga negara Norwegia dan pernah membela klub di Ingris seperti Nottingham Forest, Leeds United, dan Manchester City.

Setelah kehilangan Haaland, MU berpeluang mendapatkan tamparan kedua setelah upaya memboyong winger Parma, Dejan Kulusevski, menemui jalan buntu.

Kulusevski yang musim ini dipinjam Parma dari Atalanta tampil sangat bagus di Serie A. Dari 17 penampilan, winger berusia 19 tahun itu sukses mencetak empat gol dan tujuh assist. Setan Merah pun menjadikan pemain asal Swedia itu sebagai bidikan di bursa transfer Januari 2020. Namun, Kulusevski tampaknya belum berminat hijrah ke Setan Merah.

“Ketika Anda memikirkan masa depan, Anda akan lupa masa sekarang. Saya fokus pada peningkatan dan saya akan membuat keputusan di akhir musim,” kata Kulusevski seperti dilansir Football Italia, Senin (30/12/2019).

Pemilik Kulusevski, Atalanta, bakal punya peran penting untuk menentukan masa depan sang pemain. MU sendiri bukan satu-satunya klub yang meminati Kulusevski. Inter Milan disebut tengah mendekati Atalanta untuk bisa memboyong sang winger pada musim depan. Pada bagian lain, One Football membeberkan alasan kenapa Haaland justru berpaling ke Dortmund setelah sangat dekat menuju MU.

Haaland diklaim batal merapat ke Old Trafford karena menolak salah satu klausul yang disyaratkan manajemen Haaland. MU disebut harus membagi keuntungan pada agen sang pemain, Mino Raiola, dan sang ayah, Alf-Inge Haaland, jika di masa depan ingin menjual sang striker.

Selain itu, Setan Merah menolak memasukkan klausul buy out dalam kontrak pemain asal Norwegia tersebut. Bersama Dortmund, Haaland dikabarkan dapat gaji 120.000 euro (Rp1,8 miliar) sepekan dengan kontrak hingga 2024. Haaland diboyong dengan nilai transfer 18 juta paun (Rp392 miliar).

Kehadiran Haaland dipercaya membuat lini serang Die Borussen kian gahar. Sebelumnya mereka sudah memiliki pemain macam Jadon Sancho, Marco Reus, Paco Alcacer, Mario Gotze, Thorgan Hazard hingga Julian Brandt di lini depan. 

Sumber : JIBI/Solopos