Menpora Minta Dukungan Masyarakat Dukung Shin Tae-Yong

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kedua kiri) berjabat tangan dengan Pelatih Timnas Indonesia senior yang baru Shin Tae-Yong (kedua kanan) disaksikan Wakil Ketua Umum Iwan Budianto (kanan) dan Sekretaris Jenderal Ratu Tisha (kiri) saat diperkenalkan ke media di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (28/12/2019). - ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
29 Desember 2019 09:37 WIB Newswire Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA — Shin Tae-Yong telah resmi menjadi pelatih Tin Nasional (Timnas). Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengajak masyarakat Indonesia mendukung penuh Shin Tae-Yong.

"PSSI selaku federasi yang [menjadi] penanggung jawab sepak bola di Indonesia sudah memutuskan dan mengumumkan nama pelatih. Mari beri dukungan," tuturnya, seperti dilansir dari Antara, Minggu (29/12/2019).

Zainudin mengakui masyarakat sebelumnya sempat menginginkan mantan pelatih timnas asal Spanyol, Luis Milla, kembali menduduki kursi pelatih. Namun, lanjutnya, PSSI telah mengambil keputusan.

Dengan demikian, masyarakat diminta mendukung penuh siapapun yang akhirnya ditunjuk menjadi pelatih. Apalagi, tambah Zainudin, Shin sudah memiliki pengalaman yang mumpuni saat melatih timnas Korea Selatan (Korsel).

"Salah satu pengalaman dan kualitasnya adalah saat Korsel menaklukkan Jerman pada fase grup Piala Dunia 2018," ujarnya.

Adapun Shin telah diperkenalkan oleh PSSI di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (28/12/2019).

Nantinya, Shin juga akan menjadi konsultan untuk timnas U-22 dan U-19. Dia tak membantah tugas barunya ini menjadi tantangan tersendiri, apalagi Indonesia menempati posisi 173 di daftar ranking FIFA.

"Saya terima tawaran dari PSSI karena meski dalam lima pertandingan terakhir timnasnya selalu kalah, walaupun banyak kekurangan juga, tapi masih ada harapan-harapan untuk ke depan," paparnya.

Shin mengungkapkan Indonesia memiliki pemain-pemain berkualitas, seperti pernah dilihatnya saat membawa timnas Korsel U-22 menghadapi Indonesia pada 2015. Dia menuturkan bakal mendatangkan pelatih fisik dari Korsel untuk memperbaiki fisik pemain Indonesia, yang disebutnya sebagai titik lemah.

Pelatih berusia 49 tahun tersebut berjanji untuk berusaha semaksimal mungkin meloloskan Indonesia dari fase grup. Dalam menjalankan tugasnya, Shin akan dibantu sejumlah asisten asal Indonesia.

"Finalisasi kontrak telah selesai dilaksanakan. Shin Tae-Yong akan menjalankan proyek jangka panjang selama 4 tahun," sebut Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

Namun, dia tidak menyebutkan nilai kontrak Shin.

Sumber : Antara