Alfonso Absen Bela PSS Lawan Kalteng Putra, Purwaka Yudi Siap Main

Alfonso de La Cruz melemaskan otot dalam latihan di Stadion Maguwoharjo, Kamis (17/10/2019). - Harian Jogja/Jumali
17 Oktober 2019 20:07 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Bek tengah PSS Sleman Alfonso De La Cruz tak bisa main melawan Kalteng Putra pada pertandingan pekan ke-23 Liga 1 2019 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (18/10/2019) sore. Pemain asal Spanyol berusia 33 tahun tersebut masih dibekap cedera otot. Namun, kekuatan di lini belakang tak akan berkurang jauh karena pemain sarat pengalaman, Purwaka Yudi, sudah siap main.

Dia tak bergabung bersama pemain lain pada latihan sebelum pertandingan di Stadion Maguwoharjo, Kamis (17/10/2019) sore. Alfonso hanya melemaskan otot di tepi lapangan, dipandu fisioterapis PSS.

Pelatih Seto Nurdiyantoro mengatakan berdasarkan rekomendasi dari tim medis, Alfonso dan bek tengah lain, yakni Asyraq Gufron, tak bisa bermain. Gufron cedera setelah berbenturan saat latihan di Yogyakarta Independent School, Senin (14/10/2019). Sementara, bek tengah Ikhwan Ciptady yang pada awal pekan ini masih berkutat dengan cedera sudah pulih. Gufron dan Ikhwan bahkan sudah bergabung dalam latihan bersama pada Kamis sore. Namun, Seto tak akan memaksakan mereka bermain.

“Alfonso, Ikhwan, Gufron, Ardan [Aras], Haris [Tuharea], Arsyad [Yusgiantoro] semopat cedera. Tetapi berdasarkan rekomendasi tim medis, Gufron dan Alfonso enggak bisa gabung [dalam pertanduingan melawan Kalteng Putra]. Kami tunggu kondisi mereka besok pagi [sebelum memutuskan susunan pemain],” kata Seto dalam konferensi pers di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (17/10/2019) petang.

Seto tak risau karena bek senior Purwaka Yudi sudah benar-benar bugar dan bisa dimainkan. Jeda kompetisi dua pekan dimanfaatkan bek 35 tahun ini untuk meningkatkan level kebugaran setelah absen sekitar tiga bulan. Purwaka Yudi kali terakhir bermain melawan Barito Putera pada pekan ke-11, 27 Juli lalu.

Seto akan memilih antara Ardan Aras, Asyraq Gufron, atau Ikhwan Ciptady untuk mendampingi Purwaka Yudi. “Saya masih menunggu perkembangan ketiganya untuk menentukan siapa yang akan bermain,” kata Seto.

Seto sudah berkali-kali membuktikan bisa meramu tim dengan bagus meski banyak pemain bertumbangan akibat cedera atau terpaksa menepi karena menjalani hukuman akumulasi kartu.

Di luar problem lini belakang, kekuatan PSS relatif tak jauh berkurang. Tak ada pemain lain yang cedera maupun menjalani hukuman akumulasi kartu kuning. PSS hanya kehilangan tiga pemain yang memperkuat Timnas Indonesia U-23 dalam turnamen di China, yakni bek kiri Samuel Christianson, gelandang Sidik Saimima, dan penyerang sayap Irkham Milla.

PSS di atas kertas akan menang mudah atas Kalteng Putra. Pada putaran pertama, PSS menang 2-0 lewat dua gol Haris Tuharea. Saat itu, Kalteng Putra yang masih bermarkas di Stadion Sultan Agung memilih menggelar laga kandang di Maguwoharjo.