Alasan Bos PSS Sleman Ambil Alih 75 Persen Saham Persiba Bantul

Soekeno (baju putih berkacamata) berfoto bersama Idham Samawi (memakai peci) - Istimewa
06 Oktober 2019 13:47 WIB Jumali Sepakbola Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Komisaris Utama PT PSS  Soekeno mengungkapkan alasannya mengambil alih 75% saham PT Bantul Jaya Utama (BJU), perusahaan yang mengelola Persiba Bantul.

“Kami tidak ingin sepak bola Bantul mati, ndak boleh. Padahal, ke depan, sepak bola adalah alat pemersatu bangsa, sekaligus hiburan bagi masyarakat,” kata Soekeno kepada Harianjogja.com, Minggu (6/10/2019).

Selain itu, menurut Soekeno, Persiba Bantul adalah tim legendaris. Laskar Sultan Agung sempat mencicipi kasta tertinggi sepak bola Indonesia setelah menjuarai Divisi Utama 2011

“Oleh sebab itu, saya dukung Persiba. Penting bagaimana caranya Persiba tetap ada dan ikut berkompetisi. Jangan sampai enggak ada,” kata Soekeno.

Soekeno mengatakan meski memiliki 75% saham PT Bantul Jaya Utama, dia tidak akan duduk dalam jajaran komisaris perusahaan yang masih dipegang Idham Samawi, Endro Sulastomo, dan Dina. Idham adalah mantan Bupati Bantul.

Manajer Umum dan Manajer Persiba saat ini dipegang mantan Lurah Paserbumi, Hanung Raharjo. Adapun manajer operasional dijabat Lurah Paserbumi Rumawan.

“Jadi di sini saya hanya membantu. Target sementara hanya ikut kompetisi dulu. Yang terpenting Persiba tetap ada, jangan sampai enggak ada,” ucap Soekeno.

Selanjutnya, Soekeno menginginkan Persiba mulai berbenah dan menjadi klub profesional.

“Tentu saya mendorong teman-teman untuk lebih profesional. Sudah saatnya sepak bola dikelola dengan profesional,” ucap Soekeno.

Soekeno mulai resmi memegang 75% saham BJU setelah bertemu dengan Ketua Umum Persiba Idham Samawi, Sabtu (5/10/2019).

Dalam pertemuan yang dihadiri Idham Samawi, Soekeno, Endro Sulastomo dan Rumawan tersebut, mereka bersepakat 75 persen saham PT BJU berpindah ke Soekeno. Sementara, 10% saham milik Idham Samawi. Adapun Endro Sulastomo, Hanung Raharjo, Wikan, Fanani dan Dahono yang masing-masing memiliki 2% dan 5% diberikan kepada suporter Persiba.

Persiba Bantul tergabung dalam Grup A Liga 3 Pra-Nasional bersama dengan Solok FC, PS Abadi, Lampung Sakti, dan Persika Karawang. Persiba Bantul akan melakoni laga perdana di Grup A pada 12 Oktober mendatang menjamu Solok FC di Stadion Sultan Agung Bantul.

Sementara, laga perdana di Grup A dimulai Sabtu (5/10/2019) yang mempertandingkan Solok FC melawan Lampung FC dan PS Abadi melawan Persika Karawang.