Enggan Jadi Cadangan di Arsenal, Moise Kean Pilih Everton

Moise Kean - Reuters/Massimo Pinca
01 Agustus 2019 01:07 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Penyerang Timnas Italia Moise Kean bakal hijrah dari Juventus ke Everton di bursa transfer musim panas ini. Kean juga diminati Arsenal, tetapi menolak  tawaran The Gunners karena diiming-imingi sebagai pemain utama di Everton.

Juventus dan Everton, sebagaimana dilaporkan Football Italia, Rabu (31/7/2019), telah menyepakati transfer Kean senilai 30 juta paun. Penyerang 19 tahun itu tinggal menjalani tes medis dan merampungkan negosiasi kontrak di Goodison Park. Jurnalis Italia, Alvise Cagnazzo, dalam laporannya untuk Daily Mail, mengatakan Kean juga mendapat tawaran dari Arsenal. Namun, Kean enggan pindah ke London lantaran tak mendapat jaminan bermain sebagai penyerang utama.

Pelatih Arsenal Unai Emery lebih memprioritaskan  Pierre-Emerick Aubameyang dan Alexandre Lacazette di lini depan ketimbang pemuda yang sudah membela Timnas Italia di tiga pertandingan internasional tersebut. Kean kemudian memilih Everton karena yakin dia akan mengikuti jejak Romelu Lukaku. Kean dan Lukaku sama-sama mengawali karier sebagai pemain cadangan di klub besar. Kean adalah pemain pelapis di Juventus, sedangkan Lukaku menjadi ban serep di Chelsea.

Lukaku kemudian hijrah ke Everton, awalnya dengan status pinjaman, dan meledak. Striker Belgia tersebut membukukan 87 gol selama empat musim bersama The Toffees sebelum dipinang Manchester United dengan mahar 85 juta paun pada 2017. Ironisnya, Lukaku punya peluang besar pindah ke Juventus. Sementara, setelah ditinggal Kean ke Everton, Bianconeri kemungkinan bakal kehilangan Paulo Dybala dan Mario Mandzukic yang menyeberang ke Manchester United.

Musim lalu, Kean naik daun berkat gol-gol yang dicetaknya untuk Juventus dalam momen-momen krusial perebutan gelar juara Liga Italia Serie A. Secara keseluruhan musim lalu ia mencetak enam gol dalam 13 penampilan untuk Juventus.

Sayangnya, kedatangan Maurizio Sarri sebagai allenatore baru Si Nyonya Tua mengancam posisi Kean. Jika resmi tiba di Goodison Park, Kean bakal jadi pembelian kelima Everton pada musim panas ini setelah sebelumnya tim besutan Marco Silva itu sudah memboyong Andre Gomes, Sebastian Kristensen, Jonas Loessl dan Fabian Delph.