Gareth Bale Ditawari Rp17,3 Miliar per Pekan oleh Klub China, Ini Daftar Pesepak Bola Bergaji Tertinggi di Dunia

Gareth Bale - Reuters/Javier Barbancho
22 Juli 2019 18:22 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Gareth Bale ditawari gaji 1 juta paun atau setara Rp17,3 miliar per pekan oleh klub Liga Super China, Beijing Guoan.

Sebagaimana dikutip The Telegraph, Bale semakin mendekati pintu keluar dari Real Madrid. Penyerang Wales yang di bursa transfer enam musim lalu menjadi pemain termahal dunia setelah dibeli 83,5 juta paun dari Tottenham Hotspur tersebut tak ada dalam rencana tim musim depan. Pelatih Madrid Zinedine Zidane bahkan mengharapkan Bale segera pergi. Dia menyebut Los Blancos telah menjalin kontak dengan beberapa klub yang bisa menjadi tujuan Bale selanjutnya.

Hubungan Bale dan Zidane kemudian memanas. Agen sang pemain, Jonathan Barnett, menyebut Zidane adalah aib di Madrid karena tak menghirmati Bale. Menurut dia, kliennya telah memberi begitu banyak kepada Los Blancos, tetapi Zizou mencampakannya begitu saja. Selama enam musim di Santiago Bernabeu, Bale memang berperan signifikan dalam membantu klubnya merengkuh empat titel Liga Champions. Meski demikian, perannya tak sebesar pemain lain karena Bale lebih banyak duduk di bangku cadangan selama kepemimpinan Zidane, baik lantara cedera atau preferensi taktik.

Beijing Guoan kemudian menyodorkan tawaran yang akan membuat Bale menjadi pesepak bola dengan gaji tertinggi di dunia. Bale disodori gaji 1 juta paun per pekan bebas pajak. Sementara, bayaran Bale di Madrid adalah 600.000 paun per pekan, belum termasuk bonus. Tenggar transfer Liga Super China jatuh pada 31 Juli dan Beijing Guoan masih punya waktu satu pekan lagi untuk bernegosiasi dengan Bale dan Real Madrid guna memuluskan transfer ini. China sejauh ini sangat royal membayar pesepak bola. China bahkan menduduki enam besar negara paling banyak membayar pemain bola.

Jika transfer Bale ke China mulus, dia akan menerima uang lebih banyak daripada yang didapatkan Lionel Messi di Barcelona. Saat ini, Messi dibayar 900.000 paun per pekan (belum ditambah bonus) oleh Blaugrana dan dia menjadi pemain terkaya di dunia.

Berikut bayaran tertinggi (yang sudah mencakup bonus berdasarkan penampilan dan hak atas pencitraan) pemain sepak bola per tahun menurut data yang dirangkum dari Forbes dan Business Insider. Dua dari 12 pemain-pemain terkaya di bawah ini bermain di Asia, yakni Andres Iniesta di Jepang dan Oscar di China.

  1. Lionel Messi (Barcelona) (US$127 juta/Rp1,7 triliun)
  2. Cristiano Ronaldo (Juventus) (US$109 juta/Rp1,5 triliun)
  3. Neymar (PSG) (US$105 juta/Rp1,4 triliun)
  4. Paul Pogba (Manchester United) (US$33 juta/Rp460,1 miliar)
  5. Andres Iniesta (Vissel Kobe) (US$32,5 juta/Rp453,1 miliar)
  6. Alexis Sánchez (Manchester United) (US$30,8 juta/Rp429,4 miliar)
  7. Kylian Mbappe (PSG) (US$30,6 juta/Rp426,7 miliar)
  8. Mesut Ozil (Arsenal) (US$30,2 juta/Rp421,1 miliar)
  9. Oscar (Shanghai SIPG) (US$29 juta/Rp404,4 miliar)
  10. Antoine Griezman (Barcelona) (US$27,7 juta/Rp386,2 miliar)
  11. Gareth Bale (Real Madrid) (27,2 juta/Rp379,3 miliar)
  12. Mohamed Salah (Liverpool) (US$25,1 juta/Rp350 miliar)