Advertisement

Gaji Pesepak Bola di China Terbesar Keenam di Dunia

Newswire
Selasa, 25 Juni 2019 - 23:17 WIB
Budi Cahyana
Gaji Pesepak Bola di China Terbesar Keenam di Dunia Gelandang Shanghai SIPG Oscar - Reuters/Aly Song

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Gaji pemain China Super League berada di peringkat keenam terbesar dunia. Pesepak bola yang merumput di Negeri Tirai Bambu rata-rata dibayar 1,05 juta dolar AS (Rp14,82 miliar) per tahun.

Nilai tersebut berdasarkan laporan Global Sport atas surveu gaji pemain selama 2018. Lima besar gaji pemain sepak bola profesional dunia secara berurutan adalah Liga Premier Inggris dengan nilai rata-rata 3,94 juta dolar AS, La Liga Spanyol (2,9 juta dolar AS), Serie A Italia (2 juta dolar AS), Bundesliga Jerman (1,84 juta dolar AS), dan Ligue 1 Prancis (1,3 juta dolar AS).

Advertisement

Di China ada tujuh klub yang membayar gaji pemain di atas 1 juta dolar AS per tahun. Bahkan tiga klub besar kontestan CSL, yakni Guangzhou Evergrande, Shanghai SIPG, dan Hebei China Fortune bisa membayar lebih dari 2 juta dolar AS.

Sebelumnya Asosiasi Sepak Bola China (CFA) mengeluarkan aturan pembatasan gaji pemain lokal paling tinggi sebesar 10 juta renmimbi atau Rp21 miliar per tahun.

Klub yang melanggar aturan yang dikenal dengan istilah kontrak "yin-yang" tersebut akan dicoret. Aturan tegas tersebut bagian dari upaya CFA membatasi pengeluaran keuangan tim sepak bola setempat.

Namun para pemain asing yang berlaga pada musim kompetisi CSL tahun ini tidak terkena dampak regulasi salary cap itu.

Dua musim lalu, gelandang serang asal Brasil Oscar hengkang dari Chelsea untuk bergabung dengan klub CSL Shanghai SIPG dengan nilai kontrak 60 juta euro. Nilai tersebut merupakan rekor di Asia.

Pada saat itu juga, klub rival SIPG, Shanghai Shenhua menandatangani kontrak dengan penyerang asal Argentina Carlos Tevez dengan nilai yang sama.

Kedatangan dua pemain mahal tersebut bersamaan dengan puluhan bintang Brasil lainnya, termasuk Paulinho. Klub-klub di China kemudian dilanda kekhawatiran akan distorsi pasar transfer internasional yang membubung tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

PLN Mobile Proliga 2024 di Yogyakarta Resmi Dibuka, Jakarta Elektrik PLN Siap Berlaga

Olahraga
| Jum'at, 26 April 2024, 13:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement