Ciduk Puluhan Bonek, Polresta Jogja Sita Pisau & Gesper Besi

Bonek dikumpulkan di Polresta Jogja, Jumat (12/7/2019). - Harian Jogja/Lugas Subarkah
12 Juli 2019 20:22 WIB Lugas Subarkah Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Polresta Jogja menciduk 20 suporter Persebaya, Bonek, di depan kantor Kedaulatan Rakyat, Jalan Margo Utomo, Jumat (12/7) sekitar pukul 12.00 WIB. Mereka

“Ini merupakan patroli URC Polresta Jogja, atas perintah Kasat Sabhara, dengan sasaran suporter Persebaya yang berada di wilayah Kota Jogja untuk ditata dan diperiksa,” kata Kapolresta Jogja, Kombes Pol Armaini.

Dari 20 suporter Persebaya yang ditangkap Polresta Jogja, kebanyakan masih di bawah umur. Saat diciduk, mereka sedang menggelandang dan mengamen.

Polisi juga menyita lima pisau dan gesper besi. Puluhan Bonek itu kemudian dipulangkan dan dibawa sampai luar DIY.

Selain 20 orang yang ditangkap di depan kantor KR, beberapa Bonek juga diciduk di Museum Sonobudoyo oleh Polsek Gondomanan dan di Stadion Lempuyangan oleh Polsek Danurejan.

Bonek berbondong-bondong datang ke DIY untuk mendukung Persebaya melawan PSS Sleman dalam pertandingan pekan kedelapan Liga 1 2019 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (13/7/2019) malam. Polda DIY telah meminta Bonek untuk tidak datang ke Maguwoharjo berdasarkan masukan dari warga sekitar stadion. Polda juga tak akan mengeluarkan izin keramaian untuk pertandingan apabila Bonek menonton di Maguwoharjo. Imbasnya, panitia pelaksana pertandingan kandang PSS tidak memberikan kuota tiket untuk suporter Persebaya.

Bonek tetap nekat berangkat ke DIY dengan alasan tidak tahu. Ada pula yang mengaku dapat informasi di Facebook mengenai tiket pertandingan yang sudah tersedia.