Kecerobohan Wahyu Tri Nugroho & Akurasi Tembakan Yevhen Selamatkan PSS dari Kekalahan

Gelandang PSS Brian Ferreira membawa bola dibayang-bayangi pemain Bhayangkara FC Ilham Udin Armaiyn (tengah) dan Muhammad Fatchurohman. - Harian Jogja/Jumali
21 Juni 2019 17:52 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--PSS Sleman bermain imbang 1-1 melawan tamunya, Bhayangkara FC, di laga pekan kelima Liga 1 2019 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (21/6/2019) sore. Kecerobohan kiper Bhayangkara FC Wahyu Tri Nugroho dan akurasi tendangan striker Yevhen Bokhashvili menyelamatkan  PSS Sleman dari kekalahan.

Yevhen mencetak gol di menit ke-59, setelah Wahyu Tri Nugroho secara sembrono menjemput bola lambung yang dilepaskan Wahyu Sukarta. Performa PSS di babak kedua berubah membaik, berkat keputusan Pelatih Seto Nurdiyantoro menarik keluar Sidik Saimima dan menggantinya dengan Dave Mustaine. Di babak pertama, Sidik Saimima tak banyak berfungsi dalam bertahan maupun menyerang. Dia hanya enam kali menyentuh bola.

Gelandang 22 tahun itu juga gagal membantu Wahyu Sukarta menutup ruang sehingga Flavio Beck Junior dengan leluasa melepaskan tembakan dari luar kotak penalti dan mencetak gol di menit ke-15. Masuknya Dave memberi tenaga di lini tengah PSS. Barisan gelandang Bhayangkara FC yang sangat dominan sebelum turun minum tak lagi leluasa menekan. 

Namun, bukan performa jelek lini tengah yang menyebabkan Bhayangkara FC kebobolan, melainkan sikap ceroboh Wahyu Tri Nugroho. Ketika babak kedua berjalan 11 menit, mantan penjaga gawang Persiba Bantul tersebut kelura dari sarangnya untuk memotong umpan Wahyu Sukarta dengan tandukan. Namun, sapuannya tak sempurna. Bola malah mengarah ke kaki Yevhen Bokhashvili. Striker Ukraine tersebut menggocek bola sebentar dan melepaskan bola tembakan melengkung ke pojok atas kanan gawang PSS. Wahyu Tri Nugroho yang sudah telat kembali ke areanya gagal menepis bola dan PSS pun menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Wahyu kembali sembrono di menit ke-78. Dia lagi-lagi memotong umpang lambung ketika bola masih di luar kotak penalti dan akan disundul Indra Kahfi. Kepala Wahyu dan Indra kemudian berbenturan dan keduanya terkapar. Pertandingan harus ditangguhkan sampai delapan menit karena Indra dan Wahyu butuh perawatan medis. Indra, kapten Bhayangkara FC, terpaksa ditandu keluar dan digantikan Jajang Mulyana. Wahyu bisa melanjutkan pertandingan dengan kepala diperban.

Setelah jeda perawatan medis, permainan kedua tim tak banyak berkembang dan laga berakhir 1-1.