Dibekuk Persipura 0-3, PSIM Jogja Dapat Pelajaran Penting

PT PSIM Jaya Yogyakarta - Twitter : Brajamusti_YK
01 Mei 2019 19:37 WIB Jumali Sepakbola Share :

Harianjogja.com, MAGELANG - Pelajaran penting didapatkan oleh PSIM Jogja saat menjalani laga uji coba tertutup melawan Persipura Jayapura, di Stadion Gemilang, Magelang, Rabu (1/5/2019) sore.

Laskar Mataram harus mengakui keunggulan dari tim Mutiara Hitam setelah dikalahkan 0-3. Adapun tiga gol Persipura dicetak oleh Luis Pilar, Oh In-Kyun dan Todd Rivaldo Ferre.

Pelatih PSIM Jogja Vladimir Vujovic mengatakan, meski kalah namun dirinya puas dengan penampilan timnya di babak pertama. Sebab, dua gol di babak pertama yakni dari Luis Pilar dan Oh In Kyun tidak perlu terjadi jika pemain tidak kehilangan konsentrasi.

"Gol pertama itu tercipta dari tendangan jarak 25 meter. Gol kedua karena kesalahan komunikasi, tetapi itu Ok. Karena mereka memakai 4 pemain asing," kata Vlado kepada Harianjogja.com usai pertandingan.

Menurut Vlado sejatinya timnya punya peluang memperkecil ketertinggalan. Namun, peluang yang ada belum mampu dimaksimalkan. Selain itu, kondisi fisik pemain PSIM dinilai pelatih asal Montenegro ini juga masih perlu ditingkatkan.

"Ke depan, finishing dan fisik pemain harus kami perbaiki. Karena saat ini pemain hanya siap bermain selama 65 menit," ucap Vlado.

Karteker CEO PT PSIM Jaya Bambang Susanto mengatakan dengan hasil ini, Raymond Tauntu dan kawan-kawan mendapatkan pelajaran berharga dari laga uji coba kali ini. Apalagi lawan yang dihadapi adalah Persipura.

"Karena level memang beda. Melalui uji coba ini kami harapkan Vlado mampu mengevaluasi bagaimana kelemahan dan kelebihan jelang menghadapi Liga 2 nantinya. Sejauh ini persiapan terus jalan tinggal membutuhkan konsolidasi saja," kata Bambang .

Di sisi lain, Bambang mengungkapkan, saat ini proses penemuan chemistry terus dibangun oleh tim dibawah Vladimir Vujovic. Begitu juga dengan penampilan dari Cristian Gonzales yang dimainkan pada babak pertama, Bambang berharap El Loco segera mampu beradaptasi dan kembali ke performa awalnya.

"Dia masih dalam tahap pengembalian kebugaran menuju pixnya, dan akan kami lihat nanti penampilannya. Begitu juga dengan Raphael Maitimo yang terus kami pantau," terangnya.

Sementara disinggung mengenai adanya uji coba tambahan, Bambang mengungkapkan, akan ada 3 uji coba lagi yang digelar dalam waktu dekat. Rencananya PSIM Jogja akan melawan tim satu level dibawahnya pada Minggu kedua Mei dan setelah itu melawan tim selevel.

"Terakhir nanti kami akan coba lawan tim yang punya level di atas kami. Kami usahakan pekan kedua Mei hingga akhir Mei ini," ucap Bambang.