Qatar Menjuarai Piala Asia 2019 dengan Sangat Keren

Qatar, menjuarai Piala Asia 2019 dengan cara keren. - Reuters/Ahmad Jadallah
01 Februari 2019 23:10 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Qatar sukses menjuarai Piala Asia untuk kali pertama. Tuan rumah Piala Dunia 2022 itu mempecundangi Jepang 3-1 dalam pertandingan final Piala Asia 2019 di Zayed Sport City Stadium, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Jumat (1/2/2019).

Tiga gol Qatar dilesakkan striker Almoez Ali di menit ke-12, gelandang Abdulaziz Hatem di menit ke-27 dan penalty penyarang Akram Afif di menit ke-83. Satu-satunya gol Jepang dibikin gelandang serang Takumi Minamino di menit ke-69.

Qatar sudah unggul 2-0 atas Jepang hingga turun minum.

Almoez Ali yang baru berusia 22 tahun mencetak gol dengan spektakuler. Dia menerima umpan lambung dari Akram Afif, kemudian mengontrol bola dengan kaki kiri, sebelum melepaskan tendangan salto menggunakan kaki kanan. Bola sepakannya meluncur ke sisi kiri gawang Jepang dan tak bisa ditahan kiper Suichi Gonda. Gol Hatem tak kalah apik. Bola sepakannya dari luar kotak penalti melengkung menembus pojok kanan atas gawang Jepang.

Di menit ke-36, Qatar bisa saja unggul 3-0. Sayang, bola tendangan kapten Hassan Al Haidos membentur tiang gawang Jepang.

Selepas rehat, Jepang menggempur pertahanan Qatar, tetapi selalu gagal memanfaatkan kesempatan hingga pada menit ke-69 Minamino menerima umpan dari Yuya Osako, dan menyontek bola melewati kiper Saad Al Sheeb. Jepang makin bernafsu menyamakan kedudukan tetapi malah kebobolan di menit ke-83 lewat sepakan penalty Akram Afif.

Penalti diberikan setelah wasit asal Uzbekistan Ravshan Irmatov mengevaluasi SAR dan mengetahui dengan pasti kapten Jepang Maya Yoshida menyentuh bola dengan tangan ketika menghalai bola sepak pojok.

“Ini laga luar biasa. Di babak pertama kami bermain baik dan di babak kedua kami bisa mempertahankan kedudukan. Kami menderita karena terus ditekan lawan, tetapi akhirnya kami berhasil. Kami sangat senang. Kebahagiaan ini untuk rakyat Qatar,” kata Pelatih Qatar Felix Sanchez seusai laga.

Perjalanan Qatar di Piala Asia 2019 sangat cemerlang. Mencetak 19 gol dalam tujuh laga dan hanya kebobolan satu gol di laga final melawan Jepang.

Qatar juga berhasil mengalahkan tim kuat, mulai dari Irak (1-0) di perdelapan final, Korea Selatan (1-0) di perempat final, sahibulbait Uni Emirat Arab (4-0) di semifinal, dan Jepang di partai puncak.

Kecemerlangan Qatar dilengkapi dengan kesuksesan Almoez Ali. Striker 22 tahun ini menjadi pencetak gol terbanyak Piala Asia 2019 dengan sembilan gol sekaligus mematahkan rekor gol Ali Daei di Piala Asia.