PIALA ASIA 2019: Babak Pertama Berakhir, Almoez Ali Cetak Gol Salto Bersejarah

Almoez Ali - Reuters/Thaier Al Sudani
01 Februari 2019 21:57 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Gol Almoez Ali ke gawang Jepang di menit ke-12 laga final Piala Asia 2019 sangat bersejarah. Gol itu menjadikan Ali sebagai pencetak gol terbanyak dalam satu Piala Asia, memecahkan rekor striker legendaris Iran Ali Daei.

Qatar unggul 2-0 atas Jepang hingga turun minum dalam pertandingan di Zayed Sport City Stadium, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Jumat (1/2/2019). Almoez Ali, menjadi pahlawan berkat gol salto di menit ke-12. Sekitar 15 menit kemudian, giliran gelandang Abdulaziz Hatem mencetak gol dengan indah lewat sepakan kaki kiri.

Ali yang baru berusia 22 tahun mencetak gol dengan spektakuler. Dia menerima umpan lambung dari Akram Afif, kemudian mengontrol bola dengan kaki kiri, sebelum melepaskan tendangan salto menggunakan kaki kanan. Bola sepakannya meluncur ke sisi kiri gawang Jepang dan tak bisa ditahan kiper Suichi Gonda.

Di menit ke-36, Qatar bisa saja unggul 3-0. Sayang, bola sepakan kapten Hassan Al Haidos membentur tiang gawang Jepang.

Almoez Ali adalah andalan Qatar di Piala Asia 2019. Saat Qatar mengalahkan sahibulbait Uni Emirat Arab 4-0 di semifinal, Ali mencetak satu gol.

Sebelum final, dia sudah melesakkan delapan gol dan menjadi pencetak gol terbanyak sementara turnamen. Catatan golnya juga menyamai rekor Ali Daei, striker legendaris Iran. Ali Daei mengemas delapan gol saat Piala Asia 1996.

Dengan satu golnya ke gawang Jepang, Ali sudah mengoleksi Sembilan gold an sah memecahkan rekor sebagai pencetak gol terbanyak dalam satu Piala Asia.

Namun, keabsahan Ali membela Qatar sempat dipertanyakan. Surat kabar National pada Kamis (31/1/2019), menurunkan berita yang menyatakan Uni Emirat Arab secara resmi meragukan Ali dan Bassam Al Rawi, 21, di skuat Qatar.

Musababnya, Ali lahir di Sudan dan Al Rawi lahir di Irak. Uni Emirat Arab menganggap mereka belum lima tahun tinggal di Qatar dan belum sah membela Timnas Qatar. Padahal, Ali sudah memperkuat Qatar U-19 sejak 2014. Dia adalah bagian dari Timnas Qatar yang ikut Piala Dunia U-20 2015 di Selandia Baru.

Qatar sejauh ini belum pernah menjuarai Piala Asia.