Advertisement

PIALA ASIA 2018: Korea Disingkirkan Qatar, VAR Kembali Pengaruhi Pertandingan

Budi Cahyana
Jum'at, 25 Januari 2019 - 22:30 WIB
Budi Cahyana
PIALA ASIA 2018: Korea Disingkirkan Qatar, VAR Kembali Pengaruhi Pertandingan Son Heung Min, tertunduk karena gagal membawa Korea mengatasi Qatar sehingga tersingkir dari Piala Asia 2019. - Reuters/Suhaib Salem

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Favorit juara Piala Asia 2019 Korea Selatan tersingkir di babak perempat final. Dalam laga di Zayed Sports City Stadium, Taeguk Warriors kalah 0-1 dari ruan rumah Piala Dunia 2022, Qatar.

Gol semata wayang dalam laga ini dicetak Abdulaziz Hatem di menit ke-78. Gelandang 28 tahun itu melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti. Bola meluncur deras tak mampu ditepis kiper Seung Gyu Kim. Tragisnya, dua menit sebelum kebobolan, Korea nyaris saja unggul. Sayangnya, bola sepakan bek kiri Kim Jin Su membentur tiang gawang.

Advertisement

Penderitaan Korea semakin lengkap dua menit setelah kebobolan. Taeguk Warriors sebenarnya bisa menyamakan kedudukan setelah striker Hwang Ui Jo menuntaskan umpan Yong Le. Namun, haim garis mengangkat bendera offside. Wasit Ravshan Irmatov dari Uzbekistan kemudian mengevaluasi kejadian lewat VAR dan memutuskan gol Hwang Ui Jo tidak sah. Hingga akhir laga, Korea tak bisa membalas dan harus angkat koper. Sebelumnya, VAR juga memengaruhi hasil akhir ketika Jepang mengalahkan Vietnam 1-0.

Padahal, Korea datang ke turnamen dengan harapan tinggi. Pemain terbaik mereka, Son Heung Min sampai rela meninggalkan Tottenham Hotspur dan melewatkan beberapa laga penting di Liga Premier demi membantu Korea meraih trofi. Toh, pengorbanan Son sia-sia. Son tidak bisa berbuat banyak untuk membawa Korea berjaya.

Sebaliknya, Qatar meneruskan hasil impresif di Piala Asia. Dalam lima laga, Qatar selalu menang, dengan mencetak 12 gol dan hanya kebobolan sekali.

Qatar sebenarnya banyak ditekan di laga ini. Namun, penyelesaian akhir Korea sangat buruk. Peluang terbesar Korea di babak pertama adalah ketika Hwang In Beom berusaha menyontek bola dan mengarahkannya ke sudut gawang. Tetapi bola melayang tinggi dan meleber.

Di awal babak kedua, Hwang Ui Jo juga punya kesempatan emas yang digagalkan kiper Qatar Saad Al-Sheeb lewat penyelematan gemilang.

Susunan Pemain

Korea: Kim Seung-gyu, Lee Yong, Kim Min-jae, Kim Young-gwon, Kim Jin-su, Ju Se-jong (Ji Dong-won 82’), Jung Woo-young, Son Heung-min, Hwang In-beom (Koo Ja-cheol 74’), Lee Chung-yong (Lee Seung-woo 84’), Hwang Ui-jo.

Qatar: Saad Al-Sheeb, Ro-Ro, Bassam Al-Rawi, Boualem Khoukhi, Tarek Salman, Abdulkarim Al-Ali, Salem Al-Hajri, Hassan Al-Haydos (Karim Boudiaf 90’), Abdulaziz Hatem, Almoez Ali (Ahmed Alaaledin 90+5’), Akram Afif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Proliga Hari Pertama, Jakarta Pertamina Enduro Kalahkan Bandung BJB

Olahraga
| Jum'at, 26 April 2024, 10:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement