PIALA ASIA 2019: Lolos ke Semifinal, Jepang Jadi “Korban” Pertama VAR

Pemain Jepang merayakan keberhasilan lolos ke semifinal Piala Asia 2019. - Reuters/Ahmed Jadallah
24 Januari 2019 22:55 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Jepang menjadi tim pertama yang lolos ke semifinal Piala Asia 2019. Samurai Biru juga menjadi tim pertama yang terkena imbas penggunaan VAR di turnamen sepak bola terbesar di Asia ini.

Dalam laga di Stadion Al Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Kamis (24/1/2019), juara empat kali Piala Asia itu menundukkan Vietnam 1-0. Gol semata wayang Samurai biru dilesakkan gelandang 20 tahun yang merumput di FC Groningen, Ritsi Doan, melalui titik di menit ke-57.

Ini adalah kemenangan kelima Jepang dalam liga pertandingan Piala Asia. Semuanya didapat dengan cara kurang impresif. Jepang hanya bisa mengalahkan lawan-lawannya dengan selisih satu gol.

Di fase perempat final, VAR mulai digunakan dan Jepang mendapatkan imbasnya.  Sebagaimana dikutip Washington Post, gol Jepang di menit ke-24 yang dicetak kapten Maya Yoshida melalui sundulan memanfaatkan umpan sepak pojok Gaku Shibasaki dianulir.

Setelah mengevaluasi rekaman VAR, wasit menyatakan Yoshida menyentuh bola dengan tangan sebelum mencetak gol. Dalam rekaman terlihat jelas bola tandukan Yoshida mengenai tangannya sebelum memantul ke tanah dan menjebol gawang Vietnam.