Advertisement

PIALA ASIA 2019: Lolos ke Semifinal, Jepang Jadi “Korban” Pertama VAR

Budi Cahyana
Kamis, 24 Januari 2019 - 22:55 WIB
Budi Cahyana
PIALA ASIA 2019: Lolos ke Semifinal, Jepang Jadi “Korban” Pertama VAR Pemain Jepang merayakan keberhasilan lolos ke semifinal Piala Asia 2019. - Reuters/Ahmed Jadallah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Jepang menjadi tim pertama yang lolos ke semifinal Piala Asia 2019. Samurai Biru juga menjadi tim pertama yang terkena imbas penggunaan VAR di turnamen sepak bola terbesar di Asia ini.

Dalam laga di Stadion Al Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Kamis (24/1/2019), juara empat kali Piala Asia itu menundukkan Vietnam 1-0. Gol semata wayang Samurai biru dilesakkan gelandang 20 tahun yang merumput di FC Groningen, Ritsi Doan, melalui titik di menit ke-57.

Advertisement

Ini adalah kemenangan kelima Jepang dalam liga pertandingan Piala Asia. Semuanya didapat dengan cara kurang impresif. Jepang hanya bisa mengalahkan lawan-lawannya dengan selisih satu gol.

Di fase perempat final, VAR mulai digunakan dan Jepang mendapatkan imbasnya.  Sebagaimana dikutip Washington Post, gol Jepang di menit ke-24 yang dicetak kapten Maya Yoshida melalui sundulan memanfaatkan umpan sepak pojok Gaku Shibasaki dianulir.

Setelah mengevaluasi rekaman VAR, wasit menyatakan Yoshida menyentuh bola dengan tangan sebelum mencetak gol. Dalam rekaman terlihat jelas bola tandukan Yoshida mengenai tangannya sebelum memantul ke tanah dan menjebol gawang Vietnam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Olimpiade Paris 2024, Obor Api Dimulai Dinyalakan dari Reruntuhan Kuil Hera di Yunani

Olahraga
| Senin, 15 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement