Advertisement

Bisht, Ini Dia Jubah yang Dipakai Messi Saat Angkat Trofi Piala Dunia

ST22
Senin, 19 Desember 2022 - 18:07 WIB
Arief Junianto
Bisht, Ini Dia Jubah yang Dipakai Messi Saat Angkat Trofi Piala Dunia Messi mengenakan jubah Bisht. - Twitter/FIFA

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Penantian Lionel Messi menjadi sang juara akhirnya terbayar di Piala Dunia 2022 setelah mengikuti total lima edisi Piala Dunia.

Kemenangan Argentina atas Prancis didapat lewat adu penalti dengan skor akhir 4-2. Seketika Stadion Lusail dipenuhi sorakan, tangis, dan kegembiraan para pendukung tim Tango.  

Advertisement

Penyerahan trofi pun dihiasi sorakan kegembiraan saat setiap pemain Argentina mendapat medali begitu juga dengan Lionel Messi pemain terakhir sekaligus kapten Timnas Argentina. 

Trofi pun diterima Messi setelah mengenakan jubah hitam bernama Bisht. Messi dibantu mengenakannya oleh Emir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad Al Than. Sedangkan trofi ia terima dari tangan Presiden FIFA, Gianni Infantino. 

BACA JUGA: Kisah Cinta Messi dan Istrinya Antonella, Kenal Sejak Usia 9 Tahun

Bisht bukan sekedar jubah hitam biasa. Bisht merupakan pakaian tradisional sejak ratusan tahun lalu dan hanya digunakan untuk acara khusus seperti pernikahan dan acara keagamaan. 

Tak semua orang bisa mengenakan Bisht hanya orang dengan jabatan tinggi seperti raja, politisi, ulama, atau orang kaya. Bisht merupakan jubah spesial karena dibuat langsung dengan tangan dan biasanya dihiasi aksen emas.  

Bisht yang digunakan Messi bertujuan untuk menunjukkan statusnya sebagai juara Piala Dunia secara tak langsung statusnya dinilai setara dengan petinggi di Kota Doha. Saat menaiki podium Messi pun tampak bersinar di tengah jersey biru putih timnas Argentina.  

Dalam sebuah wawancara seusai penyerahan trofi, Messi masih terlihat mengagumi trofi yang ia bawa. "Lihat betapa indahnya [trofi] ini, sesungguhnya sangat mengesankan betapa saya sangat menginginkannya," ujarnya. 

La Pulga mengaku tak sabar untuk merayakan kemenangan Argentina di saat ia tiba di negaranya nanti. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Petenis Serbia Djokovic Raih Penghargaan Olahragawan Terbaik Dunia

Olahraga
| Selasa, 23 April 2024, 09:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement