Advertisement

Tanpa Ronaldo, Portugal Pesta Gol ke Gawang Swiss dan Lolos ke Perempat Final Piala Dunia 2022

Taufan Bara Mukti
Rabu, 07 Desember 2022 - 04:07 WIB
Budi Cahyana
Tanpa Ronaldo, Portugal Pesta Gol ke Gawang Swiss dan Lolos ke Perempat Final Piala Dunia 2022 Striker Portugal Goncalo Ramos mencetak gol ke gawang Swiss. - FIFA

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Portugal bermain apik tanpa Cristiano Ronaldo dan berpesa gol ke gawang Swiss di laga perdelapan final Piala Dunia 2022. Portugal menang 6-1 di Stadion Lusail, Rabu (7/12/2022) dini hari WIB.

Swiss dan Portugal bermain sama-sama menyerang sejak menit pertama. Swiss mendapat peluang lebih dulu pada menit enam melalui sepakan Breel Embolo yang hanya berbuah tendangan penjuru.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Memasuki pertengahan babak pertama, kedua tim sama-sama masih mencari celah pertahanan lawannya.

Portugal unggul pada menit ke-17 lewat gol Goncalo Ramos. Menerima bola di dalam kotak penalti, penyerang 21 tahun itu melepaskan tembakan akurat dari sudut sempit. 1-0 Portugal memimpin.

Unggul satu gol membuat Portugal bermain lebih lepas. Otavio nyaris menggandakan keunggulan Portugal jika tembakannya tak ditangkap dengan baik oleh Yann Sommer pada menit ke-22.

Pada menit ke-30 Swiss mendapat peluang emas. Tendangan bebas Xherdan Shaqiri ke sudut gawang dapat ditepis Diogo Costa.

Portugal menggandakan keunggulan pada menit ke-33. Bek gaek Pepe sukses menanduk sepak pojok Bruno Fernandes. Portugal menjauh, 2-0.

Swiss makin tersudut dengan ketinggalan dua gol. Tim asuhan Murat Yakin itu pun makin menggencarkan intensitas serangan.

Namun alih-alih mencetak gol, Swiss justru terancam kebobolan lebih banyak pada menit-menit akhir.

Ramos hampir mencetak gol keduanya pada laga ini. Beruntung bagi Swiss, Sommer masih sigap menghalau sepakan tersebut.

Hingga babak pertama berakhir Swiss tak mendapatkan gol yang diinginkan. Portugal pun memimpin 2-0 saat jeda turun minum.

Setelah unggul 2-0 pada babak pertama, Portugal mengamuk pada babak kedua. Goncalo Ramos mencetak hattrick pertama di Piala Dunia 2022 untuk mengantar negaranya lolos ke perempat final.

Portugal langsung tancap gas pada awal babak kedua. Goncalo Ramos mencetak gol keduanya pada laga ini menit ke-51. Penyerang Benfica itu sukses menyambut umpan silang Diogo Dalot dari sisi kanan. 3-0 Portugal makin tak terbendung.

Raphael Guerreiro turut dalam pesta gol Portugal. Ia mencetak gol keempat setelah memanfaatkan umpan Ramos pada menit ke-55.

Swiss memperkecil ketertinggalan tiga menit berselang. Manuel Akanji meneruskan sepak pojok menjadi gol. 1-4 Swiss tertinggal.

Ramos, pemain termuda di skuad timnas Portugal, terus melengkapi hattrick pada menit ke-67. Kali ini ia meneruskan umpan terobosan ciamik dari Joao Felix. 5-1 Portugal menjauh lagi.

Portugal di atas angin setelah unggul empat gol atas Swiss. Pelatih Portugal, Fernando Santos, pun memasukkan Cristiano Ronaldo di sisa 17 menit pertandingan.

Ronaldo sempat menggetarkan jala gawang Swiss pada menit ke-84, tetapi gol itu dianulir wasit karena lebih dulu offside.

Pemain pengganti, Rafael Leao, turut mencatatkan namanya di papan skor. Masuk sebagai pengganti Bruno Fernandes, Leao melepaskan tembakan placing yang tak mampu dihalau oleh Yann Sommer pada injury time.

Gol Leao sekaligus menutup jalannya pertandingan. Portugal berhak merebut tiket ke perempat final Piala Dunia 2022 dan akan menantang Maroko.

Susunan Pemain Portugal vs Swiss

Portugal (4-3-3): Diogo Costa; Diogo Dalot, Pepe, Ruben Dias, Raphael Guerreiro; William Carvalho, Otavio (Vitor Ferreira, 73'), Bernardo Silva (Ruben Neves, 81'); Bruno Fernandes (Rafael Leao, 87'), Goncalo Ramos (Ricardo Horta, 73'), Joao Felix (Cristiano Ronaldo, 73').

Pelatih: Fernando Santos

Swiss (4-2-3-1): Yann Sommer; Edimilson Fernandes, Fabian Schaar (Eray Comert, 46'), Manuel Akanji, Ricardo Rodriguez; Granit Xhaka, Remo Freuler (Denis Zakaria, 54'); Xherdan Shaqiri, Djibril Sow (Haris Seferovic, 54'), Ruben Vargas (Noah Okafor, 66'); Breel Embolo (Ardon Jashari, 89').

Pelatih: Murat Yakin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Indonesia Selamat dari Degradasi Piala Davis 2023

Olahraga
| Senin, 06 Februari 2023, 07:17 WIB

Advertisement

alt

Simak! Ini 10 Gunung Termegah di Dunia

Wisata
| Minggu, 05 Februari 2023, 22:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement