Advertisement

Piala Dunia 2022: Dibekuk Ekuador, Qatar Jadi Tim Tuan Rumah Pertama yang Kalah di Laga Pembuka

JIBI
Senin, 21 November 2022 - 01:17 WIB
Jumali
Piala Dunia 2022: Dibekuk Ekuador, Qatar Jadi Tim Tuan Rumah Pertama yang Kalah di Laga Pembuka Qatar vs Ekuador - FIFA

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO — FIFA World Cup 2022 atau Piala Dunia FIFA 2022 dibuka dengan pertandingan Grup A antara Qatar dan Ekuador di Al-Bayt Stadium, Al Khor, Qatar, Minggu (20/11/2022) malam WIB. Di pembuka babak penyisihan ini, Qatar selaku tuan rumah mendapatkan hasil mengecewakan dengan kalah dari Ekuador.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

BACA JUGA : Qatar vs Ekuador Jadi Laga Pembuka

Sejak awal pertandingan, Qatar yang menerapkan strategi bertahan dengan formasi 5-3-2 mendapatkan tekanan terus-menerus dari Ekuador. Sebaliknya, Ekuador memang menerapkan strategi menyerang dengan formasi 4-4-2.

Strategi bertahan yang diterapkan sang juara Piala Asia 2019 tampaknya belum mampu membendung serangan Ekuador, negara yang memang kenyang pengalaman di Piala Dunia. Terbukti di menit ke-17, gawang Qatar yang dijaga Saad Al Sheeb jebol.

Striker Ekuador, Enner Valencia, menjadi pencetak gol pertama di Piala Dunia 2022. Valencia mencetak gol melalui titik putih setelah Qatar mendapatkan hukuman akibat melakukan pelanggaran di kotak penalti.

Hasil 0-1 itu tampaknya tak membuat Ekuador puas dalam mempermalukan tuan rumah Qatar di pertandingan pembuka Piala Dunia FIFA 2022. Di menit ke-32, Enner Valencia kembali menjebol gawang Qatar melalui sundulan kepalanya setelah mendapatkan umpan lambung cantik dari Angelo Preciado.

Advertisement

Keunggulan 0-2 untuk Ekuador atas Qatar bertahan hingga babak pertama berakhir.

Babak Kedua Qatar Vs Ekuador

Di babak kedua, Ekuador yang sudah unggul dua gol tak kendur membuat skuad Qatar pusing. Pressing ketat yang dilancarkan tim berjuluk La Tricolor kerap kali membahayakan pertahanan sang tuan rumah.

Advertisement

Memasuki menit ke-60, Qatar mulai mampu bermain lebih menyerang. Duo penyerang Qatar, Alomez Ali dan Akram Afif, beberapa kali mampu merangsek ke daerah pertahanan Ekuador, namun belum mampu menjebol gawang yang dijaga Hernan Galindez.

Ekuador yang sudah meraih hasil dua gol tanpa balas dari Qatar di pertandingan pembuka Piala Dunia 2022 mulai mengubah skema permainan saat memasuki menit ke-80. Sang striker sekaligus pencetak brace di pertandingan tersebut, Enner Valencia, digantikan Jose Cifuntes yang notabene merupakan pemain tengah.

Menjelang akhir pertandingan, Qatar berulang kali mampu melancarkan serangan berbahaya. Mohammed Muntari yang merupakan pemain pengganti berhasil melancarkan tendangan keras ke gawang Ekuador di menit ke-87. Sayang tendangan Muntari masih sedikit melebar di atas mistar gawang.

Di sisi lain, strategi yang dilancarkan Ekuador cukup berhasil dalam meredam upaya Qatar untuk memperkecil ketertinggalan. Hasilnya, tidak ada gol di babak kedua dan pertandingan pembuka Piala Dunia FIFA 2022 berakhir dengan skor 0-2 untuk kemenangan Qatar.

Advertisement

Hasil ini tentu merupakan hasil yang memalukan bagi Qatar selaku tuan rumah. Dengan hasil tersebut, Qatar berada di posisi juru kunci, sedangkan Ekuador berada di puncak klasemen sementara Grup A Piala Dunia FIFA 2022.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Ganda Putra Indonesia Puas dengan Hasil Undian BWF World Tour Finals 2022

Olahraga
| Selasa, 06 Desember 2022, 13:37 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement