Advertisement

Dilanda Perang, Ukraina Tetap Calonkan Diri Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2030

Arief Junianto
Selasa, 04 Oktober 2022 - 20:57 WIB
Arief Junianto
Dilanda Perang, Ukraina Tetap Calonkan Diri Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2030 Trofi Piala Dunia - FIFA.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Ukraina ikut dalam pencalonan tuan rumah Piala Dunia 2030. Mereka akan bekerja sama dengan Spanyol dan Portugal.

Ukraina akan bergabung dengan dua mantan juara Piala Eropa, Spanyol dan Portugal, dalam upaya untuk menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2030.

Advertisement

Keputusan Ukraina mengajukan diri sebagai tuan rumah bersama menimbulkan pertanyaan. Pasalnya, Ukraina sedang berada dalam kondisi yang tidak kondusif sejak invasi yang dilakukan Rusia pada awal 2022.

Rencana itu dikabarkan telah disetujui oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy, pemerintah Spanyol dan Portugal.

BACA JUGA: Di Jogja, Truntum Water Stage Akan Jadi Tempat Nobar Resmi Piala Dunia 2022

Menurut The Times, kerja sama ini akan diumumkan oleh presiden sepak bola Spanyol dan Portugal pada konferensi pers di markas besar Badan Sepak Bola Eropa (UEFA) di Nyon, Swiss, pada Rabu (5/10/2022) waktu setempat.

Sebelumnya, Spanyol dan Portugal sempat mengikuti bidding untuk Piala Dunia 2018. Namun, keduanya kalah bersaing dengan Rusia.

Jika Spanyol, Portugal, dan Ukraina memutuskan untuk maju bersama maka mereka akan bersaing dengan sejumlah negara lain untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030.

Penentuan tuan rumah Piala Dunia 2030 akan diumumkan lewat kongres FIFA pada 2024.

Sementara Piala Dunia 2022 akan dimulai pada 20 November di Qatar. Sedangkan Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko menjadi tuan rumah bersama untuk Piala Dunia 2026.

Selain ada tuan rumah bersama, pada Piala Dunia 2026 peserta yang terlibat juga bertambah. Pesta sepak bola empat tahunan ini untuk pertama kalinya akan menampilkan 48 tim.

Jumlah itu bertambah 16 tim dari Piala Dunia 2022 di Qatar. Kebijakan menunjuk tiga negara menjadi tuan rumah juga merupakan yang pertama kali.

Sebanyak 16 kota sudah ditunjuk oleh FIFA untuk Piala Dunia 2026. Amerika Serikat mendapat jatah tuan rumah paling banyak. Lokasi yang ditunjuk ialah Atlanta, Boston, Dallas, Houston, Kansas City, Los Angeles, Miami, New York/New Jersey, Philadelphia, San Francisco, dan Seattle.

Sedangkan pertandingan di Kanada akan berlangsung di kota Toronto dan Vancouver. Untuk laga di Meksiko dijadwalkan digelar di Guadalajara, Mexico City, dan Monterrey.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Kalahkan Ginting di Final All England Open 2024, Jonatan: Tak Disangka

Olahraga
| Senin, 18 Maret 2024, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement