Advertisement

9 Personel Brimob yang Dianggap Bersalah dalam Tragedi Kanjuruhan Dinonaktifkan, Ini Nama-Nama Mereka

Lukman Nur Hakim
Selasa, 04 Oktober 2022 - 12:17 WIB
Budi Cahyana
9 Personel Brimob yang Dianggap Bersalah dalam Tragedi Kanjuruhan Dinonaktifkan, Ini Nama-Nama Mereka Sejumlah penonton membawa rekannya yang pingsan akibat sesak nafas terkena gas air mata yang ditembakkan aparat keamanan saat kericuhan usai pertandingan sepak bola Liga 1 antara Arema melawan Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10/2022). - Antara/Ari Bowo Sucipto

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta menonaktifkan sembilan personelnya setelah dianggap bersalah dalam Tragedi Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) malam.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan bahwa sembilan personel yang dinonaktifkan oleh Nico menjabat sebagai Komandan Batalyon (Danyon), Komandan Kompi (Danki) dan Komandan Pleton (Danton).  

Advertisement

Selain menonaktifkan sembilan personelnya, Dedi juga mengatakan bahwa terdapat 28 personel kepolisian yang diduga melakukan pelanggaran etik saat tragedi Kanjuruhan terjadi.

“Kemudian, dari hasil pemeriksaan Itsus Itwasum Polri dan Biro Paminal, ada dugaan pelanggaran kode etik oleh 28 anggota Polri. Ini pun masih dalam proses pemeriksaan," tuturnya.

Sebelumnya, Polri resmi mencopot Kapolres Malang imbas dari Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan orang, Sabtu (1/10/2022) malam.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan bahwa sesuai dengan surat telegram rahasia Kapolri dengan Nomor ST/2098/X/KEP/2022 bahwa AKBP Ferli Hidayat dinonaktifkan.

"Menonaktifkan sekaligus mengganti Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat," ujar Dedi di Malang, Jawa Timur, Senin (3/10/2022)

Dedi menjelaskan bahwa Ferli akan dimutasikan ke Perwira Menengah (Pamen) SSDM. Lalu, jabatan Kapolres Malang akan digantikan oleh AKPB Putu Kholis Arya.

Daftar 9 anggota Brimob yang dinonaktifkan imbas tragedi Kanjuruhan:

  1. AKBP Agus Waluyo (Danyon)
  2. AKP Hasdarman (Danki)
  3. AKP Untung (Danki)
  4. AKP Danang (Danton)
  5. AKP Nanang (Danton)
  6. Aiptu Budi (Danton)
  7. Aiptu M Solihin (Danton)
  8. Aiptu M Samsul (Danton)
  9. Aiptu Ari Dwiyanto (Danton)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI-Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Kalahkan Ginting di Final All England Open 2024, Jonatan: Tak Disangka

Olahraga
| Senin, 18 Maret 2024, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement