Advertisement

Kualifikasi Piala Asia U-17, Indonesia vs Guam Tetap Digelar dan Tanpa Penonton

Andhika Anggoro Wening
Senin, 03 Oktober 2022 - 12:27 WIB
Jumali
Kualifikasi Piala Asia U-17, Indonesia vs Guam Tetap Digelar dan Tanpa Penonton Pelatih Timnas Indonesia U/16 Bima Sakti / PSSI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA -- Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia atau PSSI mengumumkan Pertandingan Kualifikasi Piala Asia U-17 Grup B di Indonesia akan digelar tanpa penonton.

Pernyataan ini merupakan imbas dari Tragedi Kanjuruhan pada Sabtu (1/10/2022) lalu di Malang yang menyebabkan ratusan orang tewas.

Advertisement

BACA JUGA : Suporter Terkepung Gas Air Mata

"Demi keamanan dan kenyamanan bersama serta menghargai dan menghormati saudara/i kita yang sedang berduka akibat kejadian yang menimpa di Stadion Kanjuruhan, Malang. Dengan ini, Kualifikasi Piala Asia U17 2023 resmi dilaksanakan tanpa penonton," demikian pengumuman PSSI, Senin (3/10/2022).

Timnas U-17 Indonesia akan memulai perjuangannya di Kualifikasi Piala Asia U-17 Grup B, melawan Timnas Guam, Senin, 3 Oktober 2022. Pertandingan akan berlangsung di Stadion Pakansari, Cibinong, mulai 20.00 WIB.

Pelatih Timnas U-17, Bima Sakti, mengaku tidak terlalu memahami kekuatan lawan. Duel ini menjadi pertemuan pertama bagi Indonesia dan Guam.

"Ini pengalaman pertama bagi kami. Kami juga kurang begitu mengerti. Tiap pertandingan itu penting, yang pasti kami harus memanfaatkan sebaik mungkin menenangkan pertandingan," kata Bima Sakti menjelang laga.

Persiapan Timnas U-17 untuk menghadapi laga Kualifikasi Piala AFC ini cukup matang. Mereka menjalani pemusatan latihan (TC) di Yogykarta selama 20 hari, mulai 5-25 September. Setelah itu, mereka pindah ke Bogor. Untuk pertandingan ini, Bima Sakti memilih 23 pemain.

Melihat dari komposisinya, tim ini tak berbeda jauh dengan skuad yang sebelumnya menjadi juara Piala AFF U-16 2022 pada Agustus lalu. Mereka menyabet trofi itu setelah menekuk Vietnam 1-0 di final.

Di satu sisi, pelatih Timnas Guam, Semuel San Gil, mengatakan tim asuhannya siap menampilkan permainan terbaik menghadapi Indonesia. Menurut dia, tim asuhan Bima Sakti itu merupakan salah satu tim yang cukup bagus di Grup B.

"Saya tahu Indonesia memenangi turnamen terakhir mereka. Jadi kami harus siap menghadapi mereka. Kami respek ke Indonesia dan harus fokus," kata Samuel. "Jadi kami akan bertanding dan berusaha memberikan yang terbaik," ujar dia menambahkan.

Guam telah memainkan pertandingan pertama mereka di Grup B melawan Uni Emirat Arab (UEA) pada Sabtu, 1 Oktober lalu. Hasilnya, mereka kalah telak 0-9 dari Uni Emirates Arab. Timnas U-17 Indonesia berada di Grup B bersama Palestina, UEA, Guam dan Malaysia. Format Kualifikasi Piala Asia U-17 ini adalah home turnament. Di mana pemuncak grup akan langsung lolos ke putaran final Piala AFC U-17 tahun depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Kalahkan Ginting di Final All England Open 2024, Jonatan: Tak Disangka

Olahraga
| Senin, 18 Maret 2024, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement