Advertisement

Update Tragedi Kanjuruhan: Korban Meninggal 125, Luka 224

Herdanang Ahmad Fauzan
Senin, 03 Oktober 2022 - 02:27 WIB
Budi Cahyana
Update Tragedi Kanjuruhan: Korban Meninggal 125, Luka 224 Unjuk rasa suporter sepakbola Indonesia atas Tragedi Kanjuruhan yang berlangsung di kawasan Stadiun Gelora Bung Karno, Jakarta Minggu (2/10/2022). - JIBI/Bisnis.com/Surya Dua Artha

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA–Hingga Minggu (2/10/2022), total korban meninggal dan luka akibat Tragedi Kanjuruhan telah mencapai 448 orang.

Data teranyar ini disampaikan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy dalam konferensi pers bersama Menpora Zainudin Amali dan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

Advertisement

“Korban yang berstatus luka ringan 203 orang, luka berat 21 orang, dan meninggal dunia 125 orang. Sehingga, total korban 448 orang,” terang Muhadjir.

Sebelumnya, sempat terjadi kesimpangsiuran soal jumlah korban akibat kericuhan yang timbul usai laga Arema FC melawan Persebaya, Sabtu (1/10/2022) tersebut. Dalam pernyataan sebelumnya, Muhadjir juga sempat mengatakan bahwa korban meninggal adalah 130 orang.

Namun, data tersebut telah direvisi lantaran sebelumnya sempat terjadi penghitungan data. Dia juga berharap informasi terbaru ini bisa mengakhiri spekulasi soal jumlah korban terbaru.

“Ini [data terbaru] sudah diverifikasi semua pihak, dari Polri, rumah sakit maupun penyelenggara.”

BACA JUGA: Tragedi Kanjuruhan, Kapolri Berjanji Usut Tuntas Pengamanan Pertandingan

Kericuhan di Kanjuruhan bermula ketika terjadi bentrok antara suporter Arema FC dengan petugas kepolisian. Peristiwa diduga terjadi tepat setelah pertandingan berakhir, yang terindikasi sebagai buntut kekecewaan suporter lantaran tuan rumah takluk 2-3.

Menurut kesaksian warga sekitar, sempat terjadi pembakaran mobil oleh suporter dan penembakan gas air mata oleh petugas kepolisian.

"Ada yang nangis, teriak-teriak, mata perih soalnya," ujar Rehan, salah seorang pedagang di kawasan Kanjuruhan yang menjadi saksi peristiwa, dikutip dari Antara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI-Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

MotoGP Portugal 2024: Bagnaia Buka Suara Terkait Insidennya dengan Marc Marquez

Olahraga
| Senin, 25 Maret 2024, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement