Advertisement

Persebaya VS Rans Nusantara FC, Bajol Ijo Cetak "Hat Trick" Kekalahan

Newswire
Kamis, 15 September 2022 - 20:17 WIB
Arief Junianto
Persebaya VS Rans Nusantara FC, Bajol Ijo Cetak Persebaya. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, SIDOARJO — Persebaya Surabaya tersungkur di kandang sendiri seusai kalah dengan skor 1-2 dari tamunya, Rans Nusantara FC pada pekan kesembilan Liga 1 musi kompetisi 2022/2023, Kamis (15/9/2022) sore WIB.

Kekalahan itu mencatatkan hattrick kekalahan bagi Bajol Ijo di tiga laga terakhirnya di BRI Liga 1.

Pada laga yang berlangsung di Stadion Gelora Delta Sidoarjo tersebut, satu gol Persebaya disumbang Sho Yamamoto menit ke-28, sedangkan dua gol Rans Nusantara dilesakkan Edo Febriansyah menit ke-64 dan 88.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Hasil tersebut membuat Alwi Slamat dan kawan-kawan tertahan di peringkat 12 dengan raihan 10 poin hasil tiga kali menang, sekali imbang dan enam kali menelan kekalahan.

BACA JUGA: Hasil Liga 2: Sempat Unggul, PSIM Jogja Ditahan PSCS 1-1

Rans Nusantara FC di posisi 15 dengan koleksi 9 poin hasil dua kali menang, tiga kali imbang dan lima kali kalah.

Persebaya harus bermain di Sidoarjo karena Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya sedang digunakan pertandingan babak penyisihan Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20.

Babak pertama baru berjalan, tuan rumah mengambil inisiatif menyerang dan membuka beberapa peluang. Namun, selalu kandas di barisan pertahanan Rans Nusantara FC.

Persebaya justru nyaris tertinggal setelah tim tamu memperoleh dua peluang beruntun melalui Wander Luiz melalui tendangan kaki kanan dan sundulan di mulut gawang Andhika Ramadhani.

Advertisement

Persebaya yang harus bermain tanpa duet bek utamanya, Leo Lelis dan Rizky Ridho, terus mendapat gempuran. Motor serangan Rans Nusantara FC, Makan Konate, bahkan beberapa kali bebas melepaskan tendangan kerasnya ke arah gawang Persebaya.

Puluhan ribu Bonek Mania yang hadir di stadion bersorak menit ke-28 setelah tendangan kaki kanan Sho Yamamoto mengoyak jala Rans Nusantara FC.

Pemain impor asal Jepang tersebut berdiri bebas saat menerima umpan dari Ahmad Nufiandani di dalam kotak penalti. Bola sempat mengenai kaki Arthur Bonai sehingga membuat kiper Wawan Hendrawan mati langkah.

Advertisement

Unggul satu gol, Persebaya bermain lebih nyaman dengan memainkan satu dua sentuhan. Penampilan cemerlang kiper Andhika Ramadhani juga membuat barisan pertahanan Persebaya lebih tenang menghadapi serangan.

Striker asing Persebaya asal Brazil, Silvio Junior, hampir menggandakan keunggulan timnya. Namun, sepakan first time silang kaki kirinya masih membentur tiang gawang. Pada 45 menit pertama, skor 1-0 untuk Persebaya bertahan.

Di babak kedua, kedua pelatih sama-sama melakukan rotasi. Pelatih Persebaya Aji Santoso menarik keluar Saiful dan memasukkan Michael Rumere. Sedangakan, Pelatih Rans Nusantara FC Rahmat Darmawan memainkan OK John dan menarik keluar David Laly.

Di lima menit awal, serangan kedua tim tak ada yang membahayakan. Beberapa kali juga barisan depan Persebaya maupun Rans Nusantara sama-sama salah umpan.

Advertisement

Untuk menambah daya gedor, Persebaya memainkan penyerang sayap enerjik M Supriyadi menggantikan Ahmad Nufiandani.

Peluang terbuka didapat Silvio Junior yang mendapat umpan tanpa pengawalan di dalam kotak penalti. Namun, kontrolnya yang kurang tenang membuat bola bergerak sehingga gagal dimanfaatkan.

Menit 64, tim tamu menyamakan kedudukan melalui Edo Febriansyah lewat aksinya yang mengelabui kiper memanfaatkan bola muntah hasil tendangan keras Maruoka.

Advertisement

Skor imbang membuat tuan rumah semakin aktif menyerang karena tak ingin kehilangan poin di kandang sendiri. Namun, berkali-kali serangannya gagal di barisan pertahanan lawan.

Keasyikan menyerang, Bajol Ijo justru kecolongan beberapa menit jelang laga bubar. Kembali, Edo Febriansyah yang pada pertandingan kali ini ditempatkan sebagai penyerang, sukses menjebol gawang Persebaya yang kedua kalinya.

Skor berubah menjadi 1-2 dan bertahan hingga wasit Wawan Rafiko meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Awal Bulan Depan, Delegasi FIM Kunjungi Sirkuit Mandalika

Olahraga
| Kamis, 29 September 2022, 05:57 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement