Advertisement

AC Milan Resmi Dibeli RedBird Capital

Stefanus Arief Setiaji
Kamis, 01 September 2022 - 01:27 WIB
Budi Cahyana
AC Milan Resmi Dibeli RedBird Capital Pemain AC Milan Rafael Leao - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Jawara Seri A musim lalu, AC Milan, resmi dibeli investor baru, RedBird Capital Partners. Perusahaan investasi asal AS itu menyuntikkan dana tak kurang dari 1,2 miliar euro atau setara Rp17 triliun.

Menurut Founder & Managing Partners RedBird Gerry Cardinale, visi yang dibawah RedBird ke klub tersebut tetap sama yakni mempertahankan Milan di jajaran puncak sepak bola Eropa.

“Kami akan mendukung pemain, pelatih, dan staf kami yang berbakat untuk memberikan kesuksesan di lapangan dan memungkinkan penggemar kami untuk berbagi pengalaman luar biasa dari klub bersejarah ini. Kami akan memanfaatkan jaringan olahraga dan media global kami,” ujarnya dikutip dari keterangan resmi klub, Rabu (31/8/2022).

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Bersamaan dengan masuknya RedBird, Yankee Global Enterprises (YGE), pemilik New York Yankees, masuk sebagai salah satu pemegang saham di AC Milan dengan kepemilikan minoritas.

RedBird diketahui memiliki hubungan dekat dengan Yankees dan keluarga Steinbrenner. Sebagai catatan, RedBird merupakan salah satu pemilik Yankees Entertainment Sports (YES) Network, jaringan olahraga regional yang paling banyak ditonton di Amerika Serikat.

“Kami adalah sangat senang untuk melanjutkan kemitraan kami dengan mereka dan akan mencari peluang bersama untuk memperluas jangkauan penggemar kami dan memperluas peluang komersial yang hanya tersedia untuk waralaba yang beroperasi di tingkat olahraga tertinggi secara global."

Dengan transaksi itu, RedBird mengelola portofolio sekitar US$7,5 miliar. Aset RedBird mencakup Fenway Sports Group (Liverpool FC, Boston Red Sox, Pittsburgh Penguins), Toulouse FC, The Rajasthan Royals, YES Network, SpringHill Company, Skydance Media, XFL, OneTeam Partners, dan Dream Sports.

Dalam kurun 6 tahun terakhir, Milan setidaknya telah berganti tiga pemilik. Setelah era 31 tahun Silvio Berlusconi, politisi dan pengusaha media menguasai Rossoneri, beralih ke pengusaha asal China Li Yonghong. Namun, Li hanya bertahan selama kurang  lebih 1 tahun sebelum akhirnya menjual ke Elliott pada 2018.

Setelah itu, Elliott yang berhasil mengantar Milan kembali menjadi jawara Serie A musim 2021-2022, melepas kepada RedBird.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

MotoGP Thailand: Miguel Oliveira Juara, Bagnaia Tempel Quartararo

Olahraga
| Senin, 03 Oktober 2022, 01:27 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement