Advertisement

Mengenal Banyak Istilah dalam Transfer Pemain Sepak Bola

Taufan Bara Mukti
Jum'at, 01 Juli 2022 - 21:07 WIB
Budi Cahyana
Mengenal Banyak Istilah dalam Transfer Pemain Sepak Bola Gianluca Scammaca, salah satu primadona transfer di Liga Italia musim ini. - World Football

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Klub-klub sepak bola Eropa disibukkan dengan bursa transfer pemain. 

Bursa transfer pemain umumnya digelar dalam dua periode. Pertama, saat musim berakhir hingga permulaan musim berikutnya. Bursa transfer ini umumnya digelar pada musim panas di Benua Eropa.

Advertisement

Selanjutnya, ada bursa transfer paruh musim yang digelar saat kompetisi merampungkan putaran pertama.

Bursa transfer pemain adalah masa di mana klub bisa merekrut atau menjual pemain dan mendaftarkannya untuk kompetisi. Tak hanya pemain, pelatih juga mungkin diganti pada periode bursa transfer.

Saat membahas bursa transfer, biasanya kerap ditemui istilah-istilah dalam bahasa asing yang sulit untuk dipahami.

Berikut istilah-istilah dalam bursa transfer pemain sepak bola

  • Transfer Fee

    Nilai yang disepakati antara kedua tim dalam pembelian pemain. Nominal transfer fee ditentukan oleh kesepakatan antartim melalui proses negosiasi.
  • Undisclosed Fee

    Nilai transfer yang disepakati oleh kedua tim, tapi tidak diumumkan ke publik. Keputusan untuk mempublikasi nilai transfer ini dibicarakan dalam proses negosiasi antara kedua tim dan pemain.
  • Market Value

    Nilai pasar seorang pemain, bukan nilai transfer resmi yang disepakati kedua tim. Nominal ini biasanya dibuat oleh media atau perusahaan pengolah data dengan mempertimbangkan beberapa aspek seperti usia pemain, performa di lapangan, durasi kontrak, dan lain sebagainya.
  • Contract

    Penawaran kerja sama dari suatu klub ke pemain. Dalam kontrak ini diatur durasi kerja sama serta hak dan kewajiban suatu pemain.
  • Add-ons

    Kontrak juga berisi detail-detail bonus tambahan yang didapatkan seorang pemain jika memenuhi target dari klub. Misalnya, jika klub menjuarai Liga Champions maka pemain bisa mendapatkan bonus dengan nominal tertentu. Add-ons ini juga yang biasanya membuat nilai transfer pemain meningkat dari nominal aslinya, karena mempertimbangkan maksimal bonus yang akan didapatkan oleh pemain.
  • Free Agent

    Pemain yang habis masa kontrak dengan klub, maka statusnya menjadi pemain yang bebas. Jika pemain tersebut bergabung dengan klub baru, maka klub itu tak perlu bernegosiasi dengan klub lama karena tak ada lagi ikatan kontrak. Dalam aturan Bosman, pemain diizinkan berkomunikasi dengan klub lain jika memasuki 6 bulan terakhir masa kontrak di suatu klub.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Kalahkan Ginting di Final All England Open 2024, Jonatan: Tak Disangka

Olahraga
| Senin, 18 Maret 2024, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement