SEA GAMES 2021: Lawan Timor Leste Witan Cetak Brace, Skuat Garuda Pesta Gol

Timnas Indonesia. - PSSI
10 Mei 2022 21:27 WIB Andhika Anggoro Wening Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Hasil Indonesia vs Timor Leste dalam lanjutan Sea Games 2021 Vietnam Grup A, Tim Garuda Muda menang telak dengan skor 4-1.

Bermain di Stadion Stadion Viet Tri, Phu Tho, Selasa (10/5/2022) malam, gol Indonesia dibuat Egy Maulana Vikri lewat sepakan kaki kiri, Witan Sulaeman dua gol, dan satu gol dilesakkan oleh bek Fachruddin.

Indonesia di pertandingan ini nyaris kebobolan di awal laga setelah wasit menunjuk titik putih seusai Marc Klok melakukan blunder dalam mengontrol bola yang kemudian disambar pemain Timor Leste.

Klok yang mencoba merebut kembali malah melakukan pelanggaran di dalam kotak penalti.

Sungguh beruntung Indonesia mempunyai kiper Ernando Ari yang bisa menepis tendangan pemain Timor Leste dengan tangan kirinya.

Selepas gol ini pemain Indonesia mencoba melakukan tekanan ke pertahanan Timor Leste.

Indonesia akhirnya bisa menjebol gawang Timor Leste lewat Egy Maulana Vikri memanfaatkan umpan kepala dari Rizky Ridho.

Indonesia yang diasuh Pelatih Shin Tae-yon kembali mempunyai tiga peluang lewat Egy, Irfan Jauhari, dan Riky Kambuaya, tapi semuanya bisa dimentahkan kiper Timor Leste Junildo Pereira.

Sementara itu Timor Leste bermain sedikit keras untuk menghalau pergerakan pemain Indonesia.

Egy kembali mendapat peluang di menit 37 tetapi sepakan kaki kirinya hanya melenceng tipis, padahal kiper Timor Leste sudah mati langkah.

Timor Leste mempunyai peluang di menit akhir lewat Mouzinho de Lima tetapi sepakan kaki kanannya melenceng dari gawang Indonesia.

Hingga babak pertama berakhir, Indonesia unggul 1-0 atas Timor Leste.

Di babak kedua, pelatih Shin memasukkan sejumlah pemain seperti Saddil Ramdani dan Asnawi Mangkualam.

Indonesia kembali mendapat peluang di menit ke-47 namun sundulan Kambuaya hanya membentur mistar gawang.

Witan Sulaeman akhirnya bisa mencatatkan namanya di papan skor setelah sundulan kepalanya di menit 52 bisa menjebol gawang Timor Leste. Skor Indonesia vs Timor Leste 2-0.

Indonesia kembali mencetak gol ke gawang Timor Leste. Fachruddin yang memanfaatkan kemelut di depan gawang setelah umpan sudut dengan cerdik menyundul bola ke gawang tanpa bisa dihalau kiper Junildo Pereira.

Timor Leste akhirnya bisa menjebol gawang Indonesia yang dijaga Ernando Ari. Lewat serangan balik cepat, Mouzinho yang lolos dari penjagaan Fachruddin dan Rizky Ridho bisa menceploskan bola ke gawang Indonesia. Skor Indonesia vs Timor Leste berubah 3-1.

Witan Sulaeman membuat gol kedua di pertandingan ini. Lewat kerjasama yang apik, Witan menyepak bola dengan kaki kiki memanfaatkan umpan tarik dari Saddil Ramdani.

Mouzinho lagi-lagi membahayakan pertahanan Indonesia lewat tendangan bebas yang bisa ditepis Ernando.

Hingga pertandingan berakhir, Indonesia tetap menang dengan skor 4-1 atas Timor Leste. Kemenangan ini membuat Indonesia mengemas tiga poin di klasemen Grup A tertinggal satu poin dari Filipina dan Vietnam.

Klasemen sementara Grup A sepakbola putra Sea Games 2021:

Filipina – 4 poin

Vietnam – 4 poin

Myanmar – 3 poin

Indonesia U-23 – 3 poin

Timor Leste – 0 poin

Pelatih tim nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong di pertandingan ini menurunkan trio Egy Maulana, Irfan Jauhari dan Witan Sulaeman di lini serang. Tiga gelandang yakni Syahrian Abimanyu, Marc Klok dan Ricky Kambuaya bakal menyuplai bola.

Melihat komposisi tersebut, Shin bermain dengan formasi 4-2-1-3, dengan kwartet bek Alfeandra Dewangga, Rizky Ridho Ramadhani, Fachruddin Aryanto dan Ilham Rio Fahmi.

Posisi kiper tak lagi diisi oleh Muhammad Adisatryo seperti laga perdana kontra Vietnam, tetapi Ernando Ari Sutaryadi.

Skuad “Garuda Muda” mengincar kemenangan dari pertandingan keduanya di Sea Games 2021 ini demi menjaga peluang lolos ke semifinal. Sebelumnya, pada pertandingan pertama, Indonesia kalah 0-3 dari Vietnam

Di kubu Timor Leste, juru taktik asal Brasil Fabio “Magrao” Maciel da Silva memainkan penyerang andalannya yang sudah membuat satu gol di Sea Games 2021, Mauzinho da Lima.

Timor Leste sudah kalah dua kali di Grup A Sea Games 2021, yakni dengan skor 0-4 dari Filipina dan 2-3 dari Timor Leste. Mereka berada di posisi juru kunci grup, tepat di bawah Indonesia yang bertengger di peringkat keempat.

Susunan pemain Indonesia vs Timor Leste:

Timnas U-23 Indonesia: Ernando Ari-pg, Alfeandra Dewangga, Rizky Ridho Ramadhani, Fachruddin Aryanto (kapten), Ilham Rio Fahmi, Marc Klok, Syahrian Abimanyu, Ricky Kambuaya, Egy Maulana, Irfan Jauhari, Witan Sulaeman.

Timnas U-23 Timor Leste: Junildo Pereira-pg, Nelson Viegas, Orcelio Guterres, Jhon Frith Oliveira, Elias Mesquita, Mouzinho de Lima, Gumario da Silva, Cristevao Fernandes, Armindo de Almeida, Joao Halle, Filomeno da Costa (kapten).

Sumber : JIBI/Bisnis.com