Advertisement

Bima Sakti Mulai Fokus Fisik Pemain Timnas U-16

Jumali
Minggu, 17 April 2022 - 08:17 WIB
Jumali
Bima Sakti Mulai Fokus Fisik Pemain Timnas U-16  Bima Sakti - Antara/Akbar Nugroho Guma

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTATimnas U-16 Indonesia sudah memulai latihan perdananya untuk pemusatan latihan lanjutan di bulan April. Kegiatan tersebut dibuka dengan melakukan pemulihan fisik pemain, yang bertempat di Stadion Madya, Senayan, Jumat (15/4/2022).

Sebanyak 40 pemain mengikuti latihan dengan sangat antusias. Sebelum latihan dimulai, pelatih, ofisial dan beberapa pemain yang menjalankan ibadah puasa, terlebih dahulu membatalkan puasanya saat adzan Maghrib berkumandang, lalu mereka solat berjamaah dan kemudian memulai latihan. Latihan dipimpin oleh pelatih kepala tim, Bima Sakti.

“Di latihan perdana, kita melakukan recovery training dan adaptasi bagi pemain, karena kemarin mereka sempat libur setelah TC di bulan Maret,” kata Bima, dikutip dari laman PSSI, Sabtu (16/4/2022).

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

“Ada sebagian yang masih latihan di akademinya atau SSB masing-masing. Kita memberikan materi berbeda-beda seperti TC sebelumnya. Adaptasi dahulu di hari pertama, besok mungkin intensitas dan kerja kerasnya lebih meningkat lagi,” lanjutnya.

Diakui oleh Bima, meskipun berpuasa, para pemainnya tetap semangat dan sangat antusias menjalani latihan malam itu.

“Tidak ada kendala fisik meskipun banyak pemain yang puasa, antusias mereka luar biasa, karena kita buka puasa lebih dahulu sebelum latihan. Memang sangat berbeda kalau kita melakukan latihan sore dalam keadaan puasa. Hari ini lebih bersemangat. Besok saat latihan sore kita lihat apakah mereka bisa tetap menunjukkan kemampuan terbaiknya,” tegasnya.

Selain latihan, tim ini nantinya akan menggelar beberapa internal game. “Rencananya kita akan melakukan internal game di tanggal 17 April, sekalian melihat sejauh mana kondisi mereka kemudian bagian penilaian juga, apakah pemain itu bisa lanjut atau dipulangkan,” tuturnya.

Bima menuturkan kalau dari 40 pemain tersebut, ada sekitar 28 pemain dari TC bulan Maret, dan sisanya 12 pemain seleksi dari Piala Soeratin, Elite Pro Academy dan asprov-asprov.

“Sebenarnya kami sudah ada kerangka timnya, hanya karena kemarin ada Piala Soeratin, kita memberikan kesempatan bagi pemain-pemain yang bermain di turnamen tersebut untuk diseleksi, apakah mereka bisa beradaptasi, atau bisa menyamakan performa dari pemain yang sudah ada, kita lihat nanti saat internal game,” ungkapnya.

Advertisement

“Nanti rencananya saat ulang tahun PSSI di tanggal 19 April 2022 akan ada internal game lagi di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Jadi ada dua sesi internal game untuk mereka bisa menunjukkan kemampuannya,” sambung mantan pemain tim nasional Indonesia era 90’an itu.

Terakhir dirinya mengungkapkan harapannya.

“Harapan saya bisa memberikan kesempatan kepada pemain baru dan dipadukan dengan pemain yang sudah ada dalam kerangka tim, dimantapkan lagi, saling mengerti tanggung jawab mereka dan mengerti taktik. Untuk posisi sendiri, yang harus diperkuat lagi adalah posisi striker, sayap nomor 7 dan nomor 11. Semoga saya menemukan pemain tersebut,” jelasnya.

Advertisement

Latihan perdana kali ini menurut Sulthan Zaky Pramana. “Latihan tadi cukup berat menurut saya, karena puasa juga tadi. Kami melakukan latihan rondo dan gim setengah lapangan. Semoga saya bisa lebih baik dengan mengikuti latihan kali ini dan bisa terpilih masuk ke dalam tim. Saya cukup berusaha dan berdoa untuk itu,” jelas bek muda asal PSM Makasar itu.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

MotoGP Thailand: Miguel Oliveira Juara, Bagnaia Tempel Quartararo

Olahraga
| Senin, 03 Oktober 2022, 01:27 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement