Advertisement

Tekuk Burnley, City Kembali ke Puncak Klasemen Liga Inggris

Lukman Nur Hakim
Minggu, 03 April 2022 - 01:27 WIB
Budi Cahyana
Tekuk Burnley, City Kembali ke Puncak Klasemen Liga Inggris Gelandang Manchester City Ilkay Gundogan. - [email protected]

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Manchester City menekuk Burnley dengan skor 2-0 pada pekan ke-31 Liga Inggris, Sabtu (02/4/22) di Turf Moor Stadium.

Kick off dimulai dengan bola dari Manchester City dan tim tamu langsung berinisiatif untuk menguasai jalannya pertandingan pada menit awal babak pertama ini.

Namun, bukan City yang mendapatkan peluang terlebih dahulu justru malah tim tamu yang mengancam gawang Ederson. Lewat umpan silang dari sisi kiri pertahanan Man City, Josh Brownhill berhasil menyundul bola ke gawang City namun sundulan tersebut masih berada tipis disebelah kanan dari gawang Ederson.

City tak tinggal diam, setelah peluang tersebut mereka langsung menyerang pertahanan Burnley dan langsung membuahkan hasil. Lewat kerja sama antara Joao Cancelo dan Rodri di sisi kanan pertahanan Burnley, Rodri berhasil memberikan umpan ke Sterling yang berada dalam kotak penalti Burnley.

Umpan tersebut langsung dimaksimalkan oleh Raheem Sterling untuk memberikan sontekan manja ke arah Kevin De Bruyne yang berada di depan gawang Burnley dan dirinya berhasil menyontekan bola ke gawang Burnley sehingga membuat skor menjadi 1-0 bagi Manchester City.

Setelah gol tersebut City tak terlena, beberapa kali pertahanan Burnley di bombardier oleh para pemain City. Akan tetapi, Nick Pope masih berhasil mengagalkan beberapa tendangan dari pemain City.

Memasuki 15 menit jalannya laga, Manchester City masih terus membombardir lini pertahanan Burnley lewat sisi kanan dan kiri pertahanan Burnley. Tetapi, mereka belum dapat menggandakan keunggulan mereka atas Burnley.

20 menit jalannya lag, City benar benar mengdalikan sepenuhnya pertandingan mala mini. Tuan rumah tak dapat memegang bola dan membuat serangan berarti ke lini pertahanan dari Manchester City.

Akhirnya pada menit ke-25, City berhasil menggandakan kedudukan lewat gol dari Ikay Gundogan. Berawal dari penetrasi yang dilakukan Sterling di sisi sebelah kiri pertahanan Burnley, dirinya berhasil melepaskan umpan kepada Gundogan yang berada bebas di depan gawang Burnley. Umpan Sterling tak di sia-siakan Gundogan dan dirinya berhasil menyeploskan gol kedua bagi The Citizens atas Burnley.

Lebih dari setengah jam di gempur, akhirnya Burnley berhasil membuat lini pertahanan City bekerja. Lewat umpan dari tengah lapangan ke sisi kiri City, Aaron Lennon berhasil masuk ke kotak penalti City dan menyontekan tendangan. Sayangnya, tendangan tersebut masih membentur bek dari City dan hanya berbuah tendangan pojok saja.

Advertisement

Lagi dan lagi, sisi kanan dari Burnley menjadi makanan empuk bagi Cancelo untuk memberikan umpan. Namun, tetap umpan dirinya tak dapat dimanfaatkan oleh pemain City dan hanya menghasilkan tendangan pojok saja.

Memasuki menit ke-40, Sterling hampir memperbesar keunggulan dari Manchester City jika saja dirinya dapat memanfaatkan umpan Foden kepada dirinya yang berada di depan gawang dari Burnley.

Sampai peluit babak pertama dibunyikan oleh wasit, skor masih 2-0 bagi keunggulan Manchester City

Advertisement

Babak kedua kembali dimulai dan kali ini Burnley yang akan mengambil kick-off babak kedua ini dan langsung memberikan umpan silang ke lini depan Burnley yang akhirnya dapat diamankan oleh bek dari City.

Sejak umpan silang yang dapat diamankan oleh City, mereka kembali memegang penuh jalannya laga dan membuat pemain Burnley tak berkutik.

Cancelo benar-benar menjadi momok bagi lini pertahanan Burnley, lewat penetrasi dari sisi kanan dirinya kembali memberikan umpan kepada Foden yang berada di depan gawang Burnley. Tetapi, backheel yang dilakukan Foden berhasil diselamatkan oleh Pope.

Setelah penyelamatan tersebut, Pope kembali melakukan save dari tendangan Gundogan memaksimalkan umpan De Bruyne dan membuat gawang Burnley tidak kebobolan lagi.

Advertisement

Burnley akhirnya kembali mengancam gawang dari Manchester City, lewat kerja sama antara para pemain depan mereka, Aaron Lennon berhasil memberikan umpan ke kotak penalti City. Sayangnya bola tersebut masih berada di jangkauan Ederson.

Burnley hampir memperkecil kedudukan pada menit ke-55, andai saja umpan dari Pope ke Brownhill yang berada di dalam kotak penalti City tidak dihentikan oleh Laporte .

Setelah Laporte kali ini Ake yang menyelamatkan gawang City dari kebobolan. Berawal dari umpan ke lini depan Burnley, Weghorst melakukan kerja sama dengan Cornet. Cornet yang lolos dari jebakan offside berhasil menyundul bola yang mengecoh Ederson, akan tetapi bola yang sedikit lagi masuk kegawang City berhasil diselamatkan oleh Ake dan hanya menjadi sepak pojok bagi Burnley.

Advertisement

Memasuki satu jam laga berlangsung, kedua tim sudah mulai bermain dengan lepas, terutama Burnley. Banyak terjadi jual beli serangan terjadi antar kedua tim sejak babak kedua berjalan ini.

Memasuki menit ke-70, kedua tim masih sama-sama melakukan jual beli serangan, meskipun City lebih menguasai pertandingan lebih unggul.

Beberapa kali De Bruyne dan Sterling mengancam gawang Burnley, namun tidak ada serangan dari mereka yang menjadi gol. Sama dengan City, Burnley yang mencoba masuk ke pertahanan City dari sisi kanan dan kiri masih tidak dapat memasuki kotak penalti dari City.

Burnley hampir memperkecil kedudukan lewat pemain yang baru masuk, Rodriguez. Sayangnya, tendangan dirinya masih mampu diselamatkan oleh Ederson.

Advertisement

80 menit laga berjalan, Gabriel Jesus yang baru saja masuk menggantikan Foden hampir memperbesar kedudukan City andaikan tendanganya tidak membentur tiang gawang Pope dan bola reboun dari tiang tersebut tidak melenceng ke sisi kiri gawang Burnley.

Kedua tim sama-sama melakukan jual beli serangan di sisa sepuluh menit laga tersisa, meskipun tak ada yang membahayakan gawang keduanya, tetapi kedua tim sama-sama ngotot untuk mencetak gol.

Lagi dan lagi, Burnley kembali mengancam gawang dari City. Kini giliran Barnes yang lepas dari perangkat offside City berhasil memberikan umpan kepada Cornet. Sayangnya, umpan tersebut tak mampu dijangkau oleh Cornet dan membuat skor masih 2-0 untuk City.

Sampai akhir peluit panjang dibunyikan oleh wasit, skor masih 2-0 untuk keunggulan Manchester City atas Burnley.

Advertisement

Dengan hasil ini, Manchester City kembali menggeser Liverpool di puncak klasemen Liga Inggris dengan selisih satu poin saja dari klub asal Mersyside tersebut, dan Burnley masih berada di posisi ke-19 dengan poin 21.

Susunan Pemain Burnley Vs Manchester City
Burnley: Nick Pope, C. Roberts, K. Long, J, Tarkowski, C. Taylor, A. Lennon, A. Westwood, J.Cork (J.Rodriguez, 70), J, Brownhill, D. McNeil (M. Cornet, 45), W. Weghorst (A. Barnes, 80).

Manchester City: Ederson Moraes, K. Walker, A. Laporte, N. Ake, Joao Cancelo,Kevin De Bruyne (Benardo Silva, 78), Rodri, Ikay Gundogan, Raheem Sterling, Phil Foden (Gabriel Jesus, 63), Jack Grealish.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Streaming Starjoja FM
alt

Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis : Tiga Wakil Indonesia Ditarik mundur

Olahraga
| Senin, 08 Agustus 2022, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Dulu Dipenuhi Perdu Liar, Kini Pantai Goa Cemara Jadi Primadona Baru Wisata di Bantul

Wisata
| Senin, 08 Agustus 2022, 15:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement