Advertisement

Mataram Utama Promosi & Temani PSIM di Liga 2 Musim Depan, Manajemen: Membanggakan

Sugeng Pranyoto
Minggu, 13 Maret 2022 - 21:22 WIB
Budi Cahyana
Mataram Utama Promosi & Temani PSIM di Liga 2 Musim Depan, Manajemen: Membanggakan Pemain Mataram Utama - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJAMataram Utama lolos ke Liga 2 musim depan setelah di laga terakhir berhasil mengalahkan Persidago Gorontalo dengan skor 4-1 di Stadion Joko Samudro, Gresik, Minggu (13/3/2022).

BACA JUGA: Milan Masih Mantap di Puncak Klasemen Sementara

Di Liga 2 musim depan, Mataram Utama akan menemani PSIM Jogja yang sebelumnya sudah berkompetisi di kasta kedua sepak bola Tanah Air tersebut. Selain Mataram Utama, tujuh tim lainnya dipastikan promosi ke Liga 2 2023 setelah menyelesaikan laga pada Minggu. Delapan tim pemuncak klasemen dan runner-up masing-masing grup di babak 16 besar Liga 3 memastikan diri naik kelas ke Liga 2 2023.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Karo United berhasil memastikan promosi ke Liga 2 seusai mengalahkan Persikab Kabupaten Bandung 2-1 di laga terakhir Grup B babak 16 besar di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Minggu (13/3) sore. Karo United pun lolos sebagai juara Grup B, sedangkan Persikab juga tetap meraih tiket promosi ke Liga 2 sebagai runner-up Grup B.

Sementara itu, dari Grup D juga memastikan Mataram Utama dan Gresik United promosi ke Liga 2 musim depan usai menang di laga terakhir di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Minggu (13/3).

Mataram Utama menang 4-1 atas Persidago, sedangkan Gresik United menang atas PSGC. Mataram Utama pun berhak menempati posisi juara Grup D dan Gresik United finis sebagai runner-up Grup D.

Di samping sudah lolos ke Liga 2 musim depan, empat tim masih akan terus melanjutkan perjuangan mereka untuk menjuarai Liga 3 musim ini. Empat tim yang menjadi juara grup di babak 16 besar yaitu PSDS Deli Serdang, Putra Delta Sidoarjo, Karo United, dan Mataram dipastikan berhak meraih tiket promosi ke Liga 2 sekaligus berlaga di babak semifinal Liga 3 2021/2022.

Saat melawan Persidago di Stadion Joko Samudro Gresik, Mataram Utama menang telak dengan skor 4-1. Gol Mataram Utama dicetak oleh Martua Sandeni menit ke-24, Aruna Brama Siwi Menit ke-33, Lukman Yusuf menit ke 52, dan Harry Kusuma Silaban menit ke 77. Satu-satunya gol Persidago diciptakan oleh Muh Triyadi pada menit ke-30.

BACA JUGA: Juventus Bekuk Sampdoria 3-1, Morata Jadi Pahlawan

Advertisement

Pelatih Mataram Utama, Erwan Hendarwanto, mengaku bersyukur atas pencapaian timnya. “Yang pasti kita harus bersyukur karena ini adalah skenario Gusti Allah, sehingga kami bisa lolos ke Liga 2,” katanya.

Mantan Pelatih PSIM itu mengucapkan terima kasih ke seluruh pemain, pelatih, ofisial, dan manajemen atas pencapaian itu. “Pemain saya anggap luar biasa, tidak pernah mengeluh, memberikan segalanya, manajamen suport ke kita dengan kesedeharanaa dan teman-teman pelatih. Sukses ini sukses kami semua. Dan semua warga DIY yang medoakan MU dan keluarga saya meski kami baru seumur jagung bisa lolos ke Liga 2,” katanya.

Manajer Mataram Utama, Janu Riyanto, bersyukur timnya berhasil lolos ke Liga 2 musim depan. “Alhamdulillah akhirnya perjuangan panjang sejak tim ini dibentuk pada 21 Juni 2021, akhirnya bisa mencapai apa yang kami harapkan yaitu promosi ke Liga 2. Ini adalah pencapaian yang bagi kami luar biasa karena Mataram Utama adalah klub baru,” kata Janu seusai laga.

Advertisement

Janu memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada para pemain, pelatih dan semua ofisial yang telah berjuang keras hingga akhirnya tim ini promosi ke Liga 2.

“Dan yang juga kami bangga, mayoritas pemain ini merupakan pemain asli DIY. Bahkan bisa dikatakan hampir semua, kalau ada yang dari luar daerah, sebenarnya mereka sudah menetap di DIY, dan ternyata mereka mampu menembus persaingan ketat untuk masuk ke Liga 2,” kata pria yang juga jurnalis itu.

BACA JUGA: Ronaldo Ngamuk, Torehan Tiga Gol Bawa MU Menang Atas Spurs

Janu menjelaskan Mataram Utama dibentuk dengan mengedepankan kekeluargaan. Yang membanggakan lagi, tim ini dikelola oleh kolaborasi wartawan DIY dengan mereka yang sudah berkecimpung di sepak bola. Bahkan mayoritas pengelolanya adalah wartawan di bawah Siwo PWI DIY. “Tentu saja bagi kami ini sangat membanggakan, mudah-mudahan kami bisa memberi warna ke pembinaan sepak bola DIY,” katanya.

Advertisement

Masuknya Mataram Utama ke Liga 2, kata Janu, diharapkan bisa semakin memacu perkembangan sepak bola DIY. “Tak lupa kami mengucapkan terima kasih atas support dan doa semua pihak termasuk para pemain dan wali di akademi kami U-10, U-11, U-12, U-15, U-17 yang selama ini dukungannya luar biasa. Mudah-mudahan dengan masuknya MU ke Liga 2, akan semakin menggairahkan pembinaan dan memajukan sepak bola di DIY,” katanya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

IIS 2022: Unggulan Pertama Tunggal Putri, Komang Ayu Tersingkir

Olahraga
| Jum'at, 23 September 2022, 19:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendekar Roti Kolmbeng Terakhir di Jogja

Wisata
| Sabtu, 24 September 2022, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement