Advertisement

Profil Ronaldo Kwateh, Remaja Bantul Pemecah Rekor Timnas Indonesia

Jumali
Jum'at, 28 Januari 2022 - 07:12 WIB
Budi Cahyana
Profil Ronaldo Kwateh, Remaja Bantul Pemecah Rekor Timnas Indonesia Ronaldo Kwateh - Dok.

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Ronaldo Kwateh, remaja kelahiran Bantul, memecahkan rekor Timnas Indonesia, sehingga profilnya kini bikin fans sepak bola Tanah Air penasaran.

Pemain bernama lengkap Ronaldo Joybera Kwateh itu diturunkan dari bangku cadangan saat Indonesia mengalahkan Timor Leste 4-1 pada laga persahabatan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, Kamis (27/1/2022) malam.

Advertisement

BACA JUGA: Kembali Dipanggil Timnas Italia, Begini Pengakuan Balotelli

Ronaldo Kwateh membuat catatan manis. Saat dimasukkan Shin Tae-yong di babak kedua, Ronaldo Kwateh baru berusia 17 tahun, tiga bulan, delapan hari. Dia menjadi debutan termuda Timnas Indonesia, memecahkan rekor Asnawi Mangkualam Bahar yang pertama kali bermain untuk Indonesia di usia 17 tahun, lima bulan, 17 hari, pada 21 Maret 2017. Kini Asnawi adalah kapten kedua Timnas Indonesia setelah Evan Dimas.

Ronaldo Kwateh tak hanya membuat rekor, tetapi juga bermain apik. Dia mengukir asis untuk gol penyama kedudukan Indonesia yang dicetak Ricky Kambuaya di menit ke-56. Berkat asis Ronaldo Kwateh, Indonesia menyeimbangkan skor menjadi 1-1 dan selanjutnya melumat Timor Leste 4-1.

Sebelum mencatat rekor di Timnas Senior, Kwateh sudah membuat sensasi di Timnas U-23.

Selasa (19/10/2021) malam menjadi waktu yang tidak dapat dilupakan Ronaldo Joybera Kwateh. Remaja kelahiran Bantul, 19 Oktober 2004 ini genap berusia 17 tahun.

Namun sweet seventeen Kwateh tak dirayakan sebagaimana perayaan ulang tahun sebagian ABG. Perayaan penanda peralihan dari usia remaja ke dewasa Ronaldo dilakukan jauh dari hingar bingar dan pesta bersama karib dan sahabat-sahabatnya.

Ronaldo merayakan usia ke-17 dengan membela Timnas U-23 saat melawan Tajikistan di Central Stadium Dushanbe. Ronaldo diturunkan sejak menit ke-67 menggantikan Bagus Kahfi seusai Indonesia membalikkan keunggulan dari awalnya tertinggal 0-1 menjadi 2-1 setelah Bagus Kahfi menceploskan gol kedua bagi Indonesia pada menit ke-64. Bersama dengan pemain lainnya, Ronaldo memberikan kontribusi sehingga berhasil mempertahankan skor hingga pertandingan kelar.

Advertisement

Meski memulai debut pada menit ke-67, dan bermain hanya selama 28 menit bersama Timnas U-23, hal itu menjadi sebuah pengalaman berharga sekaligus kado bagi Ronaldo di ulang tahunnya ke-17. Winger muda ini adalah pemain termuda yang bergabung dalam skuat asuhan Shin Tae-yong.

"Saya kaget dan tidak percaya dipanggil pelatih Shin Tae-yong ke Timnas U-23. Dan saya harus berusaha keras dan terus berjuang demi mendapatkan tempat," kata anak legenda Persiba Bantul asal Liberia, Roberto Kwateh ini, Kamis (21/10/2021).

BACA JUGA: Hasil dan Klasemen Liga Italia, Inter Makin Kokoh di Puncak

Roberto Kwateh pernah malang melintang di klub-klub Indonesia sejak awal 2000-an. Ia kemudian menikahi perempuan asal Indonesia dan menetap di Tanah Air. Ronaldo Kwateh berstatus sebagai warga negara Indonesia (WNI) karena bersama ayah dan ibunya ia sudah tinggal di Indonesia sedari kecil.

Roberto Kwateh pernah bermain di PSIS, Persib Bandung, Persiba Bantul, PSCS Cilacap, hingga PSIM Jogja. Istrinya, Citra Kusumawati, perempuan yang melahirkan Ronaldo Kwateh, berasal dari Bantul.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Ucapkan Kata-Kata Tak Pantas, Yeremia Rambitan Minta Maaf

Olahraga
| Rabu, 25 Mei 2022, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Arti 4 Prasasti yang Tertempel di Tugu Jogja

Wisata
| Senin, 23 Mei 2022, 14:27 WIB

Advertisement

Advertisement