Timnas Gagal Juara, Menpora: Kami Apresiasi, Anak-anak Sudah Berjuang

Shin Tae-yong. - Instagram
02 Januari 2022 07:07 WIB Sunartono Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyaksikan langsung partai final leg kedua antara Timnas Indonesia melawan Thailand dalam nonton bareng (Nobar) di Graha Wana Bakti Yasa Jalan Kenari, Kota Jogja, Sabtu (1/1/2022) malam. Zainudin Amali mengapresiasi para pemain Timnas yang sudah berjuang keras hingga mencapai final meski hanya berada di runner up Piala AFF 2020.

Dalam partai leg kedua Piala AFF tersebut Timnas Indonesia ditahan imbang 2-2 atas Thailand. Dengan demikian Thailand menjadi juara Piala AFF 2020 dengan agregat 6-2.

Zainudin mengapresiasi perjuangan Timnas Indonesia yang didominasi para pemain muda. Ia mengakui dari peringkat FIFA posisi Indonesia di urutan 164 dan Thailand di peringkat ke 115, sehingga terpaut cukup jauh. Dengan mampu menahan imbang pada leg kedua ini, menurutnya akan menjadi modal Timnas ke depan lebih baik.

"Tadi kan bisa dilihat sendiri, anak-anak berjuang keras melakukan perlawanan yang luar biasa, bahkan bisa mencetak gol lebih dahulu, kami sangat mengapresiasi. Tentu Shin Tae yong [STY] dan seluruh tim tentu belajar dari leg pertama  ada perbaikan, di sisi pertahanan dan menyerang," katanya di sela-sela mengikuti Nobar di Jogja.

Zainudin meminta agar para pemain Timnas yang saat ini ada terus dipertahankan. Sehingga dua hingga tiga tahun ke depan akan lebih siap dalam berkompetisi. Ia melihat STY sudah memahami karakter para pemain, sebaliknya para pemain saat ini sudah mengerti cara melatihnya STY.

"Semoga tim ini bisa dipertahankan, usianya masih muda, saya masih punya harapan terhadap anak-anak ini ke depan. Kami optimistis karena ini pemain muda, mereka ada harapan untuk dua hingga tiga tahun ke depan, jangan sampai pecah lagi, biarkan utuh, karena sudah mulai kelihatan cocok antara pelatih dan pemain," katanya.

Menpora memastikan STY akan tetap melatih Timnas Indonesia karena kedatangan STY adalah untuk persiapan Piala Dunia U-20, di mana Indonesia sebagai tuan rumah. Selain itu kontrak STY hingga 2023 mendatang.