Prediksi Leg Kedua Final Piala AFF 2020 Indonesia vs Thailand

Timnas Indonesia vs Singapura : Instagram : PSSI
01 Januari 2022 17:07 WIB Ahmad Baihaqi Sepakbola Share :

Harianjogja.com, SINGAPURA – Misi Indonesia untuk meraih gelar juara Piala AFF 2020 terbilang berat. Pasalnya, Tim Garuda wajib menang dengan skor 5-0 pada leg kedua babak final melawan Thailand di Stadion Nasional, Singapura, Sabtu (1/1/2022) pukul 19.30 WIB.

Pada leg pertama lalu, Indonesia menelan kekalahan dengan skor telak 0-4. Kekalahan itu yang membuat Indonesia harus menang besar pada leg kedua. Kemenangan besar tentu menjadi sesuatu yang sulit digapai melawan Thailand, meski bukanlah hal yang mustahil.

Indonesia bermain ngotot dan menyerang sejak awal untuk merealisasikan misi tersebut. Motivasi tinggi memang dimiliki Asnawi Mangkualam dkk. megingat mereka ingin memberikan gelar Piala AFF pertama untuk Indonesia. Sejak digelar, Indonesia memang belum pernah menjadi juara dan hanya menjadi langganan runner up yakni sebanyak lima kali.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, yakin pemainnya bisa menaklukkan Thailand pada laga leg kedua final Piala AFF 2020 di Stadion Nasional, Singapura, Sabtu (1/1/2022). “Saya yakin kami akan memenangkan laga besok. Pikiran saya dan pemain sejalan soal itu,” ujar Shin.

Demi mewujudkan harapan tersebut, Shin meminta anak-anak asuhnya untuk berlaga dengan tenang dan fokus. “Para pemain memang tegang setelah leg pertama. Karena itu, saya berusaha membuat suasana senyaman mungkin. Tim harus bisa lebih tenang,” tutur Shin.

Sementara itu, Pelatih timnas Thailand, Alexandre Polking, mengatakan tidak akan mengubah susunan pemain di leg kedua final Piala AFF 2020 karena jeda waktu yang singkat. Polking lebih fokus pemulihan pemain selama dua hari jeda laga.

“Persiapan kami bagus. Kami akan tetap menggunakan line up yang sama karena waktu yang singkat kami gunakan untuk pemulihan,” kata Polking.

Thailand unggul agregat sementara dengan skor 4-0. Meski begitu, Polking mengatakan bahwa belum ada yang bisa memastikan kemenangan tim sauhannya di turnamen ini. “Kami harus tetap bekerja keras, kami harus tetap berusaha keras, dan setelah itu baru kami baru bisa selebrasi,” kata Polking.

Pelatih berdarah Brasil-Jerman ini menyebut, hasil leg pertama belum menentukan hasil akhir tim. Dalam laga kedua final juga menjadi kesempatan bagi pemain untuk menunjukkan kualitas timnas. “Kami berhasil memperlihatkan kualitas kami tidak hanya di dalam lapangan tapi juga di luar lapangan. Pemain bisa tahu apa yang harus dilakukan, kenapa, dan bagaimana mereka harus melakukan itu,” kata Polking.

Perkiraan Susunan Pemain:

Indonesia: Nadeo Argawinata, Fachruddin Ariyanto, Alfreanda Dewangga, Rizki Ridho, Asnawi Mangkualam, Pratama Arhan, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Witan Sulaeman, Irfan Jaya, Ezra Walian

Thailand: Siwarak Tedsungneon, Yusef Elias, Philip Roller, Tristan Do, Kritsada Kaman, Weerathep Pomphun, Supachok Sarachat, Bordin Phala, Phitiwat Sookjitthammakul, Chanatip Songkrasin, Teerasil Dangda

Sumber : Solopos