Monumen Cristiano Ronaldo di India Menuai Kritik

Pemain Manchester United, Cristiano Ronaldo - Twitter
31 Desember 2021 20:07 WIB Akbar Evandio Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Monumen patung Cristiano Ronaldo yang diresmikan di kota Calangute, Negara Bagian Goa, India turut menuai kritik dari sejumlah pihak.

Dikutip melalui The Sun, pesepak bola asal Portugal Cristiano Ronaldo mendapat penghargaan berupa patung diri dari salah satu kota di India. Bahkan, monumen ini menghabiskan dana senilai 120 ribu rupee atau sekitar Rp23 juta.

Namun, monumen yang menampilkan sosok bintang Manchester United dengan warna keemasan ini tidak lepas dari kritik.

Presiden forum konstituensi Calangute, Premanand Divkar menilai, terdapat beberapa masyarakat lokal keberatan lantaran patung yang didirikan merupakan sosok asing dan bukan pahlawan sepak bola India.

"Ada begitu banyak pesepak bola hebat dari Calangute seperti Bruno Coutinho dan Yolanda D'Souza, yang telah membawa kemenangan ke India dengan bermain sepakbola di tingkat internasional. Mengapa patung mereka tidak dipasang? Mereka berasal dari Calangute. Kenapa malah patung pemain Portugal yang dipasang?" ujarnya, seperti dikutip melalui The Sun, Kamis (30/12/2021).

Sementara itu, Menteri Goa, Michael Lobo menjelaskan alasan pembangunan monumen ini yang ditujukan untuk menginspirasi para pesepakbola muda India.

"Untuk kecintaan akan sepak bola dan permintaan para pemuda, kami membangun patung Cristiano Ronaldo di taman untuk menginspirasi anak-anak muda untuk membawa sepakbola ke tingkat yang lebih tinggi lagi," kata Lobo dalam akun Twitter @MichaelLobo76.

Sumber : Bisnis Indonesia