Alasan Thailand Ganti Kiper Saat Hadapi Timnas Indonesia

Timnas Indonesia vs Singapura : Instagram : PSSI
30 Desember 2021 10:07 WIB Newswire Sepakbola Share :

Harianjogja.com, SINGAPURA – Thailand melakukan pergantian pemain yang tak biasa ketika menghabisi Tim Nasional (Timnas) Indonesia 4-0 di leg pertama final Piala AFF 2020. Mereka mengganti kiper Siwarak Tedsungnoen dengan Kawin Thamsatchanan ketika laga tinggal 15 menit lagi dan saat itu Thailand tengah unggul 3-0.
Keputusan pelatih Thailand, Alexandre Polking itu lantas langsung menjadi kontroversi karena dinilai meremehkan Timnas Indonesia. Namun, ternyata ada alasan sedih di balik keputusan tersebut karena Polking sengaja memainkan Kawin yang sedang berduka karena baru saja kehilangan ayahnya. Bertanding di Stadion Nasional, Singapura, Rabu 29 Desember 2021, Thailand sukses melibas Indonesia dengan skor empat gol tanpa balas. Empat gol tersebut dicetak oleh dua gol Chanathip Songkrasin (2’ dan 52’), Supachok Sarachat (67’), dan Bordin Phala (83’).
Terdapat momen yang menyita perhatian pada laga tersebut. Tepatnya di menit ke-75. Pasalnya, Polking mengganti sang kiper yaitu Siwarak Tedsungnoen dengan memasukan Kawin. Pergantian yang dilakukan Polking bukan tanpa alasan. Dia juga menegaskan bahwa tidak bermaksud memandang sebelah mata Indonesia lantaran timnya sedang unggul jauh. “Saya ingin memperjelas, saya ingin memainkan Kawin di lapangan dan tidak bermaksud meremehkan Indonesia,” kata Polking dalam konferensi pers, Kamis (30/12/2021).
Polking memasukan Kawin dengan tujuan yang mulia. Dia mengaku ingin membuat kiper berusia 31 tahun itu bahagia karena baru saja kehilangan ayahnya.
“Saya menggantikan Kawin, karena ayahnya meninggal. Saya ingin membuat dia bahagia lagi,” ungkapnya. Diketahui, ayah Kawin baru saja meninggal jelang laga final leg pertama Piala AFF 2020. Saat ingin memasuki lapangan pun dirinya terlihat tampak emosional dengan raut wajah yang gembira. Usai laga Polking pun menangis karena tak kuasa menahan rasa sedih yang tengah dirasakan Kawin. Kini ia pun bertekad semakin ingin membawa Thailand juara Piala AFF 2020 dengan kembali mengalahkan Timnas Indonesia di leg kedua yang berlangsung pada Sabtu 1 Januari 2022 pukul 19.30 WIB.