Pemain Keturunan Ini Ogah Bela Timnas Indonesia

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. - Instagram
28 Desember 2021 20:57 WIB Newswire Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Pemain keturunan Indonesia berdarah Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang bermain di klub Eropa adalah Emilio Audero Mulyadi.

Dari nama belakangnya, Mulyadi, yang kental dengan unsur Jawa bisa ditebak jika Emilio Audero adalah pemain keturunan Indonesia.

Siapa Emilio Audero Mulyadi? Pemain yang akrab dipanggil Emil ini adalah kiper klub Italia, Sampdoria. Emil memiliki darah keturunan Indonesia dari ayahnya Edy Mulyadi. Sedangkan ibunya yang bernama Antonella Audero berasal dari italia.

Emil dilahirkan di Mataram, Nusa Tenggara Barat, pada 18 Januari 1997. Setahun tinggal di Mataram, Emil kemudian diboyong orang tuanya ke Cumiana, kota asal ibunya di Italia. Emil tumbuh menjadi lelaki tinggi besar 192 cm yang posturnya cocok untuk seorang penjaga gawang. Karier Emil di sepak bola profesional diawali di Juventus pada 2016 hingga 2019. Sayang, persaingan ketat di Juventus membuat Emil terpinggirkan. Dia kemudian dipinjamkan ke Venezia dan berlanjut ke Sampdoria. Ternyata, Sampdoria menjadi takdir Emil hingga dipercaya sampai sekarang dengan caps 73 kali. Nama Emilio Audero Mulyadi santer diberitakan masuk program naturalisasi Timnas Indonesia . Kehadiran Emil diharapkan bisa menjadi benteng tangguh gawang Timnas Indonesia di masa depan.

Sayang, seiring perjalanan waktu, Emil secara terang-terangan menolak untuk membela Timnas Indonesia. Emil menolak dipanggil Timnas untuk menghadapi Piala AFF 2016. Penolakan Emil itu diungkapkan secara langsung oleh sang Ayah, Edy Mulyadi. 

Alasannya, kata Edy, Emil bermimpi bisa tampil di Piala Dunia bersama Italia. Namun, persaingan ketat di bawah mistar Timnas Italia menyulitkan Emil bisa terpanggil berkostum Gli Azzurri. Edy pun menganggap bahwa bermain untuk Timnas Indonesia akan memperkecil kemungkinan putranya untuk bisa tampil di ajang empat tahunan tersebut. “Mimpi kali,” kata Edy ketika ditanya mengenai kemungkinan anaknya bergabung bersama skuad Garuda. “Kalau si Emil pengennya main di Piala Dunia, yang dia harus ambil ya di sana (Timnas Italia) dong, orang kita lolos Asia aja enggak, apalagi Piala Dunia, ga usah lah, apa sih penghargaannya di sini?” sambung Edy.