Advertisement

Hadapi Singapura di Leg Kedua AFF 2020, Ini yang Harus Diperbaiki Timnas

Indra Gunawan
Sabtu, 25 Desember 2021 - 16:27 WIB
Bhekti Suryani
Hadapi Singapura di Leg Kedua AFF 2020, Ini yang Harus Diperbaiki Timnas Punggawa Timnas Indonesia berpose di hadapan fotografer sebelum bertanding melawan Timnas Singapura dalam pertandingan Semi Final Leg 1 Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Rabu (22/12/2021). ANTARA FOTO/Humas PSSI/app - rwa.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Penggawa skuad Garuda, Ramai Rumakiek, menyatakan pertandingan melawan Singapura di leg kedua semi final Piala AFF 2020 sedikit lebih sulit karena tim berjuluk The Lions tersebut berstatus sebagai tuan rumah. Tekanan dari para suporter Singapura akan menjadi tantangan tersendiri bagi Ramai dkk.

"Kami harus memperbaiki mental kami dan kami siap untuk menghadapi Singapura di leg kedua nanti," ujar Ramai yang absen di semifinal leg pertama karena akumulasi kartu kuning, dilansir dari laman resmi PSSI, Sabtu (25/12/2021).

Meski demikian, ia menegaskan kesiapannya untuk tampil di partai yang akan diselenggarakan di Stadion Nasional, berlangsung saat Hari Raya Natal, Sabtu (25/12/2021).

Selain itu, bagi Ramai, ini merupakan pengalaman pertamanya merayakan Natal di Skuad Timnas Indonesia. Bahkan di Hari Raya umat Kristiani tersebut, Ramai harus bertanding memperkuat Timnas Indonesia.

Ramai mengatakan hal itu bukan masalah untuknya. Ia juga yakin rekan-rekannya di Timnas Indonesia yang juga merayakan Natal akan tetap fokus dan mencurahkan 100 persen pikiran dan tenaga mereka untuk pertandingan melawan Singapura.

"Natal ini kami bermain membela negara. Mau itu Natal atau Tahun Baru, khususnya kami umat Kristiani, siap untuk pertandingan besok," kata Ramai.

Pada leg pertama, kedua tim berbagi skor imbang 1-1. Timnas Indonesia sempat unggul terlebih duku berkat gol Witan Sulaeman, tetapi berhasil dibalas oleh Ikhsan Fandi pada menit 70.

Meski Indonesia berstatus sebagai tim tamu di leg kesatu, tetapi tidak ada keuntungan gol tandang untuk tim Merah-Putih, karena aturan tersebut dihapuskan pada Piala AFF 2020 ini. Penyelenggaraan turnamen yang digelar terpusat di Singapura jadi alasan AFF menghilangkan aturan tersebut.

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

MotoGP Thailand: Miguel Oliveira Juara, Bagnaia Tempel Quartararo

Olahraga
| Senin, 03 Oktober 2022, 01:27 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement