Advertisement

Aturan Gol Tandang Tak Berlaku di Piala AFF, Ini Penjelasannya

Budi Cahyana
Kamis, 23 Desember 2021 - 18:27 WIB
Budi Cahyana
Aturan Gol Tandang Tak Berlaku di Piala AFF, Ini Penjelasannya Para pemain Indonesia merayakan gol ke gawang Singapura di semifinal pertama Piala AFF 2021, Rabu (22/12/2021). Aturan gol tandang dihapus di Piala AFF. - Antara/Humas PSSI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Aturan gol tandang tak berlaku di semifinal Piala AFF 2021 yang digelar dalam dua leg. Timnas Indonesia pun harus menang melawan Singapura di leg kedua yang akan berlangsung Sabtu, 25 Desember 2021, pukul 19.30 WIB untuk memastikan tempat di final.

Indonesia bermain 1-1 kontra Singapura di leg I semifinal Piala AFF 2020. Unggul lebih dulu lewat sepakan Witan Sulaeman pada menit 28, gawang Indonesia kemudian dibobol penyerang Singapura, Ikhsan Fandi, di menit 70.

Jika menggunakan aturan gol tandang, hasil 1-1 sangat menguntungkan Indonesia karena hasil itu dicapai saat anak asuh Shin Tae-yong berlaku sebagai tim tamu. Indonesia tinggal butuh hasil 0-0 untuk melangkah ke final. Di semifinal leg kedua yang juga akan berlangsung di Singapura, Indonesia akan berstatus tuan rumah. Dengan aturan gol tandang, jika laga berakhir imbang 2-2 atau lebih, Singapura yang bakal lolos ke final.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Namun, AFF memutuskan menghapus aturan gol tandang sehingga hasil imbang dengan skor berapa pun di semifinal kedua akan dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu. Apabila hasil masih imbang, pemenang diputuskan lewat adu penalti.

AFF mengikuti jejak UEFA yang sudah terlebih dahulu menghapus aturan gol tandang di semua kompetisi yang berada di bawah naungan mereka mulai musim 2021/2022.

Liga Champions, Liga Eropa, Liga Champions Wanita, Liga UEFA Junior, Piala Super Eropa, dan Europa Conference League, akan menerapkan aturan baru.

UEFA menghapus aturan gol untuk mendorong permainan yang lebih menyerang. Menurut Presiden UEFA, Aleksander Ceferin, regulasi gol tandang ini justru menghalangi tim tuan rumah bermain menyerang di laga kedua apabila sudah bermain imbang dan mencetak gol di laga pertama.

 

 

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Herry IP dan Kevin Sanjaya Sepakat Berdamai, Sektor Ganda Putra Kembali Solid

Olahraga
| Jum'at, 30 September 2022, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Hadir Tempat Glamping Baru di Jogja, Arkamaya Sembung Namanya

Wisata
| Jum'at, 30 September 2022, 15:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement