Advertisement

Indonesia Singapura Berbagi Angka di Semifinal Pertama Piala AFF

Andhika Anggoro Wening
Rabu, 22 Desember 2021 - 22:17 WIB
Budi Cahyana
Indonesia Singapura Berbagi Angka di Semifinal Pertama Piala AFF Pemain Indonesia di Piala AFF 2021 - Twitter PSSI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Singapura dan Indonesia bermain imbang 1-1 di semifinal pertama Piala AFF 2021 di National Stadium, Rabu (22/12/2021) malam. Gol Indonesia dibuat oleh Witan Sulaeman di menit 28. Sedangkan gol balasan Singapura dibuat Ikhsan Fandi di menit 70.

Indonesia yang bertindak sebagai tim tamu bermain spartan di pertandingan ini tanpa kenal takut.

Pelatih Shin Tae-yong menginstruksikan menekan pertahanan Singapura sejak dari lini belakang lawan. Taktik ini berhasil membuat permainan Singapura tidak berkembang.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Indonesia mendapat peluang melalui Witan tetapi sepakannya tidak tepat sasaran. Singapura juga memperoleh peluang tetapi sundulan pemain Singapura hasil umpan tendangan bebas bisa ditepis kiper Nadeo.

Indonesia akhirnya bisa unggul atas Singapura lewat gol Witan. Berawal dari serangan balik, Witan bisa memanfaatkan umpan Asnawi Mangkualam dari sisi sebelah kanan. Skor Indonesia vs Singapura 1-0.

Setelah tertinggal, Singapura bermain keras. Beberapa kali pemain Indonesia diterjang pemain Singapura yang akhirnya diberi kartu kuning oleh wasit.

Hingga babak pertama berakhir, skor Singapura vs Indonesia 0-1.

Masuk di babak kedua, Singapura berbalik menekan pertahanan Indonesia untuk mengejar ketertinggalan. Sementara itu pelatih Shin memasukkan Elkan Baggott untuk memperkuat pertahanan.

Advertisement

Singapura terus mengurung pertahanan Indonesia. Pada menit ke-64, Singapura nyaris menyamakan kedudukan 1-1 tetapi sepakan kaki kiri Faris Ramli menyamping tipis dari gawang Indonesia yang dijaga Nadeo.

Singapura akhirnya bisa menyamakan kedudukan pada menit 70 lewat tendangan Ikhsan Fandi usai lolos dari jebakan offside.

Safuwan Baharudin hampir membawa Singapura unggul di menit 73 tetapi sundulan Safuwan Baharudin membentur mistar gawang Nadeo.

Advertisement

Indonesia seharusnya mendapat penalti di menit 77 setelah Ricky Kambuaya dilanggar pemain Singapura di dalam kotak terlarang, tetapi wasit asal Korea Selatan malah memberikan tendangan bebas.

Hanis Saghara yang masuk di babak kedua melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti, tapi tendangannya bisa ditangkap kiper Singapura.

Singapura juga nyaris mencetak gol di akhir-akhir pertandingan tapi sepakan keras Amy Recha di menit 88 bisa ditepis Nadeo. Skor Singapura vs Indonesia masih 1-1.

Hingga pertandingan berakhir, skor Singapura vs Indonesia tetap imbang 1-1. Pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF 2020, Indonesia vs Singapura akan dilaksanakan pada 25 Desember.

Advertisement

Indonesia mulai bisa mengontrol jalannya pertandingan 15 menit jelang laga berakhir terutama usai Evan Dimas dimasukkan Shin Tae-yong.

Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong di pertandingan ini menurunkan tiga bek tengah tetapi membangkucadangkan Elkan Baggott sejak menit awal laga leg pertama semifinal Piala AFF 2020 kontra Singapura, Rabu malam, di Stadion Nasional, Singapura.

Tiga bek tengah yang ditempatkan Shin dalam daftar sebelas pertama yaitu Alfeandra Dewangga, Fachruddin Aryanto dan Rizky Ridho Ramadhani.

Advertisement

Di sisi kiri-kanan pertahanan ada Pratama Arhan dan sang kapten Asnawi Mangkualam. Di belakang para bek berdiri kiper Nadeo Argawinata.

Sementara di tengah ada gelandang bertahan Rachmat Irianto ditemani gelandang serang Ricky Kambuaya.

Sebagai penggedor benteng lawan, Shin menurunkan Witan Sulaeman, Irfan Jaya dan Dedik Setiawan.

Irfan merupakan pencetak gol terbanyak sementara untuk Indonesia di Piala AFF 2020 dengan tiga gol.

Advertisement

Di kubu Singapura, juru taktik Tatsuma Yoshida memainkan nama-nama andalan seperti Ikhsan Fandi, Irfan Fandi, Faris Ramli dan Shahdan Sulaiman.

Susunan pemain Singapura vs Indonesia:

Singapura: Hassan Sunny-pg, Nazrul Nazari, Shahdan Sulaiman, Ikhsan Fandi, Faris Ramli, Hariss Harun (kapten), Song Uiyong, Irfan Fandi, Safuwan Baharudin, Zulfahmi Arifin, Nur Adam Abdullah.

Indonesia: Nadeo Argawinata-pg, Rizky Ridho, Fachruddin Aryanto, Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan, Asnawi Mangkualam (kapten), Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Witan Sulaeman, Irfan Jaya, Dedik Setiawan.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Persaingan Lebih Ketat Akan Berlangsung di Indonesia International Challenge 2022

Olahraga
| Senin, 26 September 2022, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement