Shin Tae-yong Ibaratkan Kemenangan Indonesia atas Malaysia Seperti Laga Korea-Jepang

Pelatih Indonesia, Shin Tae-yong - PSSI
20 Desember 2021 06:57 WIB Akbar Evandio Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-yong menyebut laga Malaysia melawan Indonesia seperti pertandingan Korea Selatan menghadapi Jepang pada 2017. 

Indonesia berhasil meraih kemenangan 4—1 atas Malaysia. Adapun, skuat Garuda berhasil meraih kemenangan comeback atas tim Harimau Malaya di pertandingan Grup B Piala AFF 2021.

Sebelumnya, Indonesia tertinggal satu gol lebih dulu pada menit ke-13 melalui tendangan Kogeliswaran Raj dari luar kotak penalti setelah mengontrol bola tendangan Rachmat Irianto yang terlalu lemah.

Namun, Shin Tae-yong mengakui dirinya memiliki pesan khusus untuk menjaga mental tim asuhannya sehingga skuat Garuda pada akhirnya meraih kemenangan besar saat bertanding di National Stadium, Singapura, Minggu (19/12) malam.

"Pesan yang saya sampaikan ke anak-anak asuh saya sebelum pertandingan adalah, bahkan kalau kami kebobolan gol cepat, jangan panik. Tetaplah bermain dengan cara seperti saat latihan," kata Shin Tae-yong selepas pertandingan, Minggu (19/12/2021).

Dia melanjutkan, di mana dirinya juga memberi contoh saat menjadi pelatih Timnas Korea Selatan.

Dia mengatakan, saat mereka berlaga di kompetisi melawan Jepang pada 2017, terjadi hal yang sama seperti yang dialami oleh Indonesia pada pertandingan tersebut, yaitu kebobolan lebih dulu sehingga ketinggalan 0-1 dari Jepang.

"Namun setelah itu, pesan yang sama saya sampaikan ke para pemain. Jangan panik, tetap bermain seperti saat kami berlatih. Lalu, skor akhirnya 4-1. Hari ini, hal yang sama terjadi," ujarnya.

Kemenangan telak itu menjadikan Indonesia juara Grup B dan membuat kemenangan telak Vietnam atas Kamboja empat gol tanpa balas pada saat bersamaan di Stadion Bushan Singapura sia-sia untuk menjadi juara grup dan finish di posisi runner-up Grup B sehingga di semifinal jumpa tim kuat Thailand.

Indonesia tampil sebagai juara Grup B, dengan Indonesia unggul dalam produktivitas mencetak gol yakni 13–4 berbanding 9–0 milik Vietnam.

Sumber : JIBI/Bisnis.com