Advertisement

Shin Tae-yong Ibaratkan Kemenangan Indonesia atas Malaysia Seperti Laga Korea-Jepang

Akbar Evandio
Senin, 20 Desember 2021 - 06:57 WIB
Budi Cahyana
Shin Tae-yong Ibaratkan Kemenangan Indonesia atas Malaysia Seperti Laga Korea-Jepang Pelatih Indonesia, Shin Tae-yong - PSSI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-yong menyebut laga Malaysia melawan Indonesia seperti pertandingan Korea Selatan menghadapi Jepang pada 2017. 

Indonesia berhasil meraih kemenangan 4—1 atas Malaysia. Adapun, skuat Garuda berhasil meraih kemenangan comeback atas tim Harimau Malaya di pertandingan Grup B Piala AFF 2021.

Advertisement

Sebelumnya, Indonesia tertinggal satu gol lebih dulu pada menit ke-13 melalui tendangan Kogeliswaran Raj dari luar kotak penalti setelah mengontrol bola tendangan Rachmat Irianto yang terlalu lemah.

Namun, Shin Tae-yong mengakui dirinya memiliki pesan khusus untuk menjaga mental tim asuhannya sehingga skuat Garuda pada akhirnya meraih kemenangan besar saat bertanding di National Stadium, Singapura, Minggu (19/12) malam.

"Pesan yang saya sampaikan ke anak-anak asuh saya sebelum pertandingan adalah, bahkan kalau kami kebobolan gol cepat, jangan panik. Tetaplah bermain dengan cara seperti saat latihan," kata Shin Tae-yong selepas pertandingan, Minggu (19/12/2021).

Dia melanjutkan, di mana dirinya juga memberi contoh saat menjadi pelatih Timnas Korea Selatan.

Dia mengatakan, saat mereka berlaga di kompetisi melawan Jepang pada 2017, terjadi hal yang sama seperti yang dialami oleh Indonesia pada pertandingan tersebut, yaitu kebobolan lebih dulu sehingga ketinggalan 0-1 dari Jepang.

"Namun setelah itu, pesan yang sama saya sampaikan ke para pemain. Jangan panik, tetap bermain seperti saat kami berlatih. Lalu, skor akhirnya 4-1. Hari ini, hal yang sama terjadi," ujarnya.

Kemenangan telak itu menjadikan Indonesia juara Grup B dan membuat kemenangan telak Vietnam atas Kamboja empat gol tanpa balas pada saat bersamaan di Stadion Bushan Singapura sia-sia untuk menjadi juara grup dan finish di posisi runner-up Grup B sehingga di semifinal jumpa tim kuat Thailand.

Indonesia tampil sebagai juara Grup B, dengan Indonesia unggul dalam produktivitas mencetak gol yakni 13–4 berbanding 9–0 milik Vietnam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Jogja Tuan Rumah Superchallenge Supermoto 2024, Catat Tanggalnya

Olahraga
| Sabtu, 20 April 2024, 05:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement