Advertisement

Jadwal Siaran Langsung Timnas Indonesia vs Malaysia Malam Ini

Newswire
Minggu, 19 Desember 2021 - 12:57 WIB
Sunartono
Jadwal Siaran Langsung Timnas Indonesia vs Malaysia Malam Ini Pemain Timnas Indonesia, Bagus Kahfi - PSSI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Malam ini, Timnas Indonesia akan menjalani laga terakhir babak penyisihan Grup B Piala AFF 2020 (AFF Suzuki Cup) melawan Malaysia di Stadion Nasional, Singapura.

Pertandingan akan dimulai 19.30 WIB dan disiarkan di RCTI. Mengutip Tempo, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong sudah menyiapkan strategi khusus untuk menghadapi Malaysia.

Advertisement

“Malaysia memiliki kelemahan dan kekurangan. Kami sudah menganalisisnya, termasuk taktik mereka seperti apa. Strategi kami besok akan menyesuaikan dengan itu,” ujar dia.

Shin Tae-yong menegaskan, dirinya bukanlah pelatih yang terpaku dengan satu taktik. Setiap strategi yang disusunnya selalu disesuaikan dengan lawan yang akan dihadapi. Di Piala AFF 2020, apa yang ditampilkan Evan Dimas dan kawan-kawan saat melawan Kamboja serta Laos berbeda ketika bersua Vietnam.

Kala bertemu Kamboja dan Laos, Indonesia tampil agresif dan terus menyerang ketika mendapatkan ruang. Konsep seperti itu membuat Indonesia mencetak total sembilan gol dan kebobolan tiga kali.

Namun, saat menjajal kekuatan Vietnam, skuad “Garuda” bermain sangat bertahan karena Shin menganggap lawan mempunyai pemain menyerang yang berbahaya. Hasilnya, laga berakhir imbang 0-0 dan Indonesia kokoh di puncak klasemen sementara Grup B Piala AFF 2020.

Oleh karena itu, Shin Tae-yong pun berharap anak-anak asuhnya dapat kembali disiplin menerapkan semua strategi dan taktik di lapangan kontra Malaysia.

Shin mengingatkan bahwa jarak skuad “Garuda” dengan babak semifinal tinggal selangkah lagi. “Dengan hasil seri saja, kami sudah lolos ke semifinal,” tutur pria berusia 51 tahun itu.

Pelatih Malaysia Tan Cheng Hoe memastikan skuadnya akan tampil menyerang. “Kami harus membuat peluang sebanyak mungkin di pertahanan Indonesia. Setiap gol yang kami ciptakan sangat penting artinya,” kata dia dalam konferensi pers virtual sebelum pertandingan, Sabtu.

Pria berusia 53 tahun itu menegaskan, setiap pemainnya sudah meresapi situasi bahwa hanya kemenangan yang dapat membawa Malaysia ke babak semifinal Piala AFF 2020. Skuad berjuluk Harimau Malaya mau tidak mau mesti menggempur lawan demi gol.

Meski begitu, Tan Cheng Hoe menyadari bahwa Indonesia memiliki pertahanan yang rapi dan disiplin. Hal itu tampak ketika Indonesia menahan imbang Vietnam tanpa gol. Vietnam tak dapat membuat satu gol pun ke gawang tim “Garuda” meski membuat 21 kali tembakan dan menorehkan 69,1 persen penguasaan bola.

Bukan cuma itu, Tan juga menilai Indonesia sangat baik dalam transisi dari bertahan ke menyerang. Ini tentu saja menjadi pekerjaan rumah bagi Malaysia. “Transisi Indonesia sangat cepat. Jadi kami mesti selalu fokus, bagaimana mengantisipasi serangan mereka ketika kami kehilangan bola,” kata pelatih asal Kedah tersebut.

Demi mewujudkan target lolos ke empat besar, Tan meminta pula kepada pemainnya agar hanya berkonsentrasi ke sepak bola. Dia tidak ingin anak-anak asuhnya teralihkan ke hal-hal lain mengingat rivalitas sengit Malaysia dan Indonesia.

Beriikut Jadwal Piala AFF 2020, Ahad, 19 Desember:

19.30 Indonesia vs Malaysia (RCTI)
19.30 Vietnam vs Kamboja.

Indonesia memimpin klasemen sementara Grup B Piala AFF 2020 dengan tujuh poin dari tiga laga. Vietnam berada di posisi kedua dengan poin sama, tetapi kalah selisih gol. Malaysia bertengger di peringkat ketiga dengan enam poin, disusul Kamboja dan tim juru kunci, Laos.

Pada laga lainnya hari ini, Vietnam akan menghadapi Kamboja. Indonesia dan Vietnam sama-sama hanya memerlukan hasil seri untuk lolos ke semifinal. Malaysia masih bisa melaju bila mampu mengalahkan Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Olimpiade Paris 2024, Obor Api Dimulai Dinyalakan dari Reruntuhan Kuil Hera di Yunani

Olahraga
| Senin, 15 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement