Elkan Baggott Berpeluang Main Lawan Malaysia

Elkan Baggott - Instagram/@elkanbaggott
18 Desember 2021 04:37 WIB Ichsan Kholif Rahman Sepakbola Share :

Harianjogja.com, BOGOR—Bek Timnas Indonesia, Elkan Baggott, berpeluang tampil melawan Malaysia pada laga terakhir Grup B Piala AFF 2021 di Singapura, Minggu (19/12/2021) mendatang. Elkan dinyatakan negatif Covid-19, tetapi tetap harus menjalani karantina hingga Sabtu (18/12/2021).

Ketua Umum PSSI, Mohammad Iriawan, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (17/12/2021), mengatakan ia terus berkomunikasi dengan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Ia mengapresiasi kinerja Timnas Indonesia yang sukses menahan imbang Vietnam 0-0. Menurutnya dalam laga itu memang terlihat nyesek karena Indonesia terus ditekan. Pelatih Vietnam pun memancing skuat Garuda untuk keluar menyerang. Bahkan penguasaan bola tercatat Indonesia hanya 29 persen sedangkan Vietnam 71 persen.

“Tidak masalah, fokus lawan Malaysia. Doakan terus performa Timnas terus meningkat. Saya yakin bisa menang lawan Malaysia karena Malaysia kalah 0-3 dari Vietnam,” kata dia.

Ia menambahkan karantina Elkan Baggott telah selesai pada Sabtu (18/12/2021) pukul 12.00 WIB. Elkan sudah dinyatakan negatif Covir-19 tetapi tetap harus menyelesaikan masa karantina. Dia tidak ingin menyalahkan federasi Singapura karena seluruh penumpang yang membawa Elkan juga dikarantina. Hal itu berbeda dengan kasus positif yang dialami Malaysia.

“Tinggi badan Elkan luar biasa, dia akan menyulitkan lawan,” kata dia.

Sementara itu, Iriawan masih berkomunikasi dengan klub Egy Maulana Vikri, FK Senica. Egy sangat dibutuhkan tim namun Egy belum bisa dipastikan tampil melawan Malaysia.

Menpora, Zainuddin Amali, mengatakan Timnas Indonesia sudah berjuang sangat luar biasa saat menahan imbang Vietnam. Hasil itu menunjukkan peningkatan performa termasuk strategi Shin Tae-yong yang sangat bagus dan berhasil. Ia berharap Timnas Indonesia terus meningkatkan performa hingga babak final Piala AFF.

Pada pertandingan yang dilangsungkan di Bishan Stadium, Bishan, Singapura, Rabu (15/12/2021) malam WIB, Vietnam memainkan permainan operan cepat yang cukup merepotkan lini pertahanan Indonesia. Sementara, Tim Garuda masih belum bisa mengembangkan permainan di babak pertama. Vietnam terus menekan pertahanan Indonesia yang mengandalkan serangan balik. Di babak kedua, Indonesia masih kesulitan mengembangkan permainan. Kiper Timnas, Nadeo Argawinata tampil gemilang di bawah mistar gawang. Kiper asal Bali United berulang kali menyelamatkan gawang Indonesia dari serangan Vietnam. Skor 0-0 bertahan hingga laga usai.