Advertisement

Piala AFF: Jelang Lawan Laos, Indonesia Perbaiki Lini Belakang

Newswire
Sabtu, 11 Desember 2021 - 07:27 WIB
Budi Cahyana
Piala AFF: Jelang Lawan Laos, Indonesia Perbaiki Lini Belakang Pelatih Shin Tae-yong - PSSI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Selepas kebobolan dua gol dari Kamboja pada laga Grup B Piala AFF 2021 di Singapura, Kamis (9/12/2021), Indonesia bertekad memperbaiki lini belakang.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong yakin kualitas pertahanan anak asuhnya akan terus membaik.

Dalam konferensi pers virtual yang diikuti di Jakarta setelah pertandingan, Shin menyebut bahwa saat ini bek-beknya masih beradaptasi dengan turnamen karena beberapa pemain belum pernah tampil di Piala AFF.

Kemudian, ada beberapa nama yang baru bergabung dengan skuad langsung di Singapura seperti Rizky Ridho dan Rizky Dwi. Mereka tidak ikut pemusatan latihan di Turki pada November 2021 dan, oleh karena itu, perlu waktu untuk membiasakan diri.

Selain itu, timnas Indonesia juga masih memiliki sosok bek tengah bertinggi badan 1,94 meter Elkan Baggott. Elkan, yang sudah berada di Singapura, belum diturunkan saat berhadapan kontra Kamboja.

"Kami akan memperbaiki masalah pertahanan ini termasuk fokus pemain saat berlaga," tutur Shin.

Namun, terlepas dari faktor teknis, ada hal lain yang disebut Shin menjadi alasan di balik menurunnya performa skuad "Garuda" khususnya pada babak kedua versus Kamboja dan itu adalah cuaca.

Cuaca di Singapura, kata juru taktik asal Korea Selatan itu, lebih panas dibandingkan Turki, tempat mereka melewatkan pemusatan latihan persiapan Piala AFF 2020 selama lebih dari dua minggu.

"Cuaca panas membuat kondisi pemain menurun. Akan tetapi, saya percaya tim ini akan lebih baik ke depan," tutur Shin.

Tim nasional Indonesia meraih kemenangan perdana di Piala AFF 2020 setelah mengalahkan Kamboja dengan skor 4-2 pada laga pertamanya di Grup B yang digelar di Stadion Bishan, Singapura, Kamis malam.

Advertisement

Dua gol Indonesia dilesakkan oleh Rachmat Irianto dan sisanya dibuat Evan Dimas serta Ramai Rumakiek. Sementara Kamboja memperkecil kedudukan melalui Yue Safy dan Prak Mony Udom.

Hasil tersebut membuat Indonesia, yang tak bisa mengibarkan bendera Merah Putih di Piala AFF 2020, bertengger di peringkat kedua klasemen sementara Grup B dengan tiga poin.

Malaysia berada di peringkat pertama dengan enam poin dari dua laga. Setelah itu berturut-turut ada Vietnam di posisi ketiga, lalu Kamboja dan Laos.

Advertisement

Berikutnya di Grup B Piala AFF 2020, Indonesia berhadapan dengan Laos pada Minggu (12/12/2021).

Sumber : Antara

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

MotoGP Thailand: Miguel Oliveira Juara, Bagnaia Tempel Quartararo

Olahraga
| Senin, 03 Oktober 2022, 01:27 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement