Pemain Malaysia Samakan Level Indonesia dengan Laos

Indonesia di Piala AFF - Instagram
11 Desember 2021 05:07 WIB Ichsan Kholif Rahman Sepakbola Share :

Harianjogja.com, SINGAPURA–Top skor sementara Piala AFF 2021, Safawi Rasid, tidak memandang ada tim yang istimewa di Grup B Piala AFF 2021. Secara tegas, pemain Malaysia itu menyatakan level Timnas Indonesia dan Vietnam yang merupakan pesaing terkuat Malaysia hanya setara dengan permainan Laos. Ia menilai, jika Harimau Malaya, julukan Malaysia, menjalankan instruksi sang pelatih, Tan Cheng Hoe, secara benar, Timnas Malaysia akan meraih hasil maksimal di setiap laga.

“Bagi saya, tim mana pun, termasuk, Vietnam, Indonesia dan Laos sama saja. Kami bisa melakukan sesuatu, mendapatkan hasil yang baik asal mengikuti instruksi pelatih,” kata Safawi dilansir Okezone, Jumat (10/12/2021).

Safawi Rasid menjadi bintang kemenangan 4-0 Malaysia atas Laos di Stadion Bishan, Kamis (9/12/2021). Pemain Johor Darul Takzim itu mencetak hattrick setelah mengemas gol pada menit ketujuh, ke-34 dan ke-86.

“Saya tidak fokus pada kemampuan individu seorang. Kami fokus pada semangat tim. Formasinya bagus, saya harap rekan-rekan bisa mengikuti,” kata dia. Malaysia selalu memenangkan dua laga awal Grup B Piala AFF 2020. Sebelum menghajar Laos 4-0, Malaysia menumbangkan Kamboja 3-1. Selanjutnya, Malaysia akan menghadapi ujian berat saat melawan Vietnam pada lanjutan fase Grup B Piala AFF 2020 pada Minggu (12/12/2021). Jika menang, satu kaki Malaysia sudah tiba di semifinal Piala AFF 2020. Setelah itu atau di laga terakhir, Malaysia akan menghadapi Timnas Indonesia pada Minggu (19/12/2021) pukul 19.30 WIB.

Jelang menghadapi Vietnam, Safawi Rasid mengaku tengah fokus menatap laga kontra juara bertahan Vietnam. Menurutnya tim sekuat apa pun bisa dikalahkan asalkan ia dan rekan-rekannya menurut dengan arahan pelatih.

“Saya harus fokus pada persiapan dua hari ke depan menghadapi Vietnam,” kata Safawi Rasid.

Timnas Malaysia saat ini bertengger di peringkat pertama klasemen sementara Grup B Piala AFF 2020 dengan total enam poin dari dua kemenangan.

Sementara itu, Timnas Malaysia harus kehilangan empat pemainnya karena teridentifikasi terpapar virus corona. Semula striker Malaysia, Faisal Halim dan penjaga gawang Khairul Azhan telah dipastikan terpapar virus corona dan telah menjalani karantina mandiri. Lalu tiba-tiba saja winger andalan Harimau Malaya, yakni Akhyar Rashid absen pemain laga Malaysia melawan Laos. Publik Malaysia mengira Rashid diistirahatkan pelatih Malaysia, Tan Cheng Hoe di laga kontra Laos tersebut. Ternyata Rashid dan satu lagi bek Quentin Cheng juga terpapar virus corona. Total empat pemain Malaysia terinfeksi virus Covid-19.

Malaysia hanya membawa 24 pemain dari 30 slot yang berhak dibawa ke ajang Piala AFF 2020. Otomatis saat ini Malaysia hanya memiliki 20 pemain yang tersedia dan dengan dua laga terakhirnya di fase grup adalah melawan Vietnam dan Timnas Indonesia. Hal ini menjadi kendala tersendiri bagi Harimau Malaya.

Tan Cheng Hoe berharap Rashid dan ketiga pemainnya yang terinfeksi virus corona bisa kembali dengan cepat ke dalam skuat. Untuk bisa menunggu para pemain kembali, maka Malaysia setidaknya harus bisa memastikan diri lolos dari fase grup agar terus memperpanjang waktu bermain di Piala AFF 2020.

“Akhyar bermain dengan bagus dan dia pemain terbaik saat kami melawan Kamboja. Kami berharap dia cepat pulih dan bisa kembali ke dalam skuad,” ujar Cheng Hoe.