Advertisement

Piala AFF: Atasi Kamboja, Indonesia di Peringkat Kedua Klasemen Grup B

Andhika Anggoro Wening
Kamis, 09 Desember 2021 - 21:32 WIB
Budi Cahyana
Piala AFF: Atasi Kamboja, Indonesia di Peringkat Kedua Klasemen Grup B Hasil Indonesia vs Kamboja di Piala AFF 2020 berakhir 4-2 - Twitter PSSI

Advertisement

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia mengatasi Kamboja di pertandingan pertama Piala AFF 2020 Grup B. Bermain di Stadion Bishan, Singapura, Timnas Indonesia yang diasuh Shin Tae-yong menang 4-2 atas Kamboja, Kamis (9/12/2021).

Gol Indonesia berhasil dibuka di menit 5 lewat sundulan kepala Rahmat Irianto memanfaatkan umpan sepak pojok Evan Dimas.

Selepas gol ini, Indonesia mencoba mengambil alih serangan dengan melakukan pressing tinggi. Sedangkan pemain Kamboja menerapkan penguasaan bola dengan bermain dari kaki ke kaki.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Indonesia mulai menguasai permainan mulai di menit ke 15 dengan Evan Dimas menjadi pengatur serangan. Kamboja yang diasuh Keisuke Honda menumpuk 11 pemainnya di daerah sendiri.

Evan Dimas kali ini mencatatkan namanya di papan skor usai menjebol gawang Kamboja di menit 18. Mendapatkan umpan dari Pratama Arhan, Evan Dimas meliukliuk di dalam kotak penalti kemudian menembak ke sudut kanan gawang.

Indonesia unggul penguasaan bola atas Kamboja hingga 65 persen atas Kamboja.

Ezra Walian yang dipasang sebagai striker nyaris menjebol gawang Kamboja lewat sepakan keras yang menyamping tipis. Kambuaya juga hampir mencetak gol di menit 28.

Kamboja belum punya peluang menciptakan peluang ke gawang Indonesia.

Advertisement

Irianto mencetak gol keduanya kembali lewat tendangan sudut di menit 33 untuk membawa Timnas Garuda unggul 3-0.

Kamboja yang tidak ingin malu dibombardir Indonesia mulai berani menyerang usai tertinggal 3-0.

Hal ini terbukti berhasil dengan jebolnya gawang Indonesia. Di menit ke-37, gawang Indonesia  yang dijaga Syahrul bobol lewat sundulan pemain Kamboja Yue Safy di menit 37 memanfaatkan umpan pojok.

Advertisement

Irfan Jaya dan Ezra Walian nyaris membuat kedudukan Indonesia menjadi 4-1 tetapi sepakannya membentur mistar gawang. Hingga babak pertama selesai, Indonesia unggul 3-1.

Baru satu menit babak kedua berjalan, gawang Indonesia nyaris kebobolan. Memanfaatkan blunder bek Indonesia, pemain Kamboja nyaris menjebol gawang timnas Garuda untuk kedua kalinya.

Indonesia juga memiliki peluang, tapi sepakan Evan Dimas di menit 48 bisa dihalau kiper Kamboja.

Advertisement

Ramai Rumakiek yang masuk di babak kedua berhasil membawa Indonesia memimpin 4-1. Menggantikan Irfan Jaya, Rumakiek membobol gawang Kamboja di menit 54 lewat sepakan keras ke kiri gawang Kamboja.

Hujan gol terjadi di pertandingan ini setelah Prak Mony Udom menjebol gawang Syahrul Fadil lewat tendangan bebas di menit 60. Skor Indonesia vs Kamboja 4-2 hingga menit 65.

Advertisement

Pemain sayap kiri Kamboja, Pisoth, nyaris membawa Kamboja memperkecil ketertinggalan tapi sundulannya menyamping di kiri gawang Indonesia.

Dalam pertandingan ini, hanya beberapa kali Indonesia bermain rapi dalam membangun serangan. Bahkan kerapkali lini pertahanan membuat blunder yang membuat gawang Indonesia terancam.

Justru para pemain Kamboja yang lebih rapi bermain dari kaki ke kaki. Di menit 76 giliran pemain Kamboja, Polroth melepaskan tendangan bebas yang membuat kiper Indonesia bekerja keras.

Hingga pertandingan selesai, skor 4-2 untuk kemenangan Indonesia tetap bertahan. Kemenangan pertama ini membuat Indonesia berada di posisi dua klasemen Grup B di bawah Malaysia.

Klasemen Grup B Piala AFF 2020:

TEAMMPWDLGFGAGDPTS
Malaysia22007166
Indonesia11004223
Vietnam11002023
Cambodia200237-40
Laos200206-60

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Persaingan Lebih Ketat Akan Berlangsung di Indonesia International Challenge 2022

Olahraga
| Senin, 26 September 2022, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement