Persiba Lolos ke 8 Besar, Mitra Kukar Degradasi

Persiba Balikpapan - Instagram @persibafc_media
02 Desember 2021 22:37 WIB Ichsan Kholif Rahman Sepakbola Share :

Harianjogja.com, SOLO—Sebanyak delapan tim Liga 2 memastikan diri sebagai peserta delapan besar Liga 2 tahun ini. Persaingan ketat terjadi di Grup D yang membuat Mitra Kukar harus terdegradasi ke Liga 3.

Klub terakhir yang memastikan diri meraih tiket fase itu adalah Persiba Balikpapan.

Hasil seri 1-1 yang diraih Persewar Waropen saat melawan PSBS Biak memastikan tim Beruang Madu tak tergeser di posisi kedua Grup D Liga 2 di bawah Sulut United.

Skor imbang itu juga membuat 'klub sultan' Mitra Kukar harus terdegradasi ke Liga 3 musim depan.

Selain Sulut United dan Persiba Balikpapan, enam tim sudah lebih dulu melaju ke fase selanjutnya. Enam tim itu dari Grup A yakni Sriwijaya FC, PSMS Medan, wakil Grup B yakni Dewa United, Rans Cilegon FC, Persis Solo dan PSIM Jogja dari Grup C.

Sementara itu di Grup D menjadi persaingan paling ketat. Jarak poin pemuncak klasemen Sulut United dengan terdegradasi Mitra Kukar hanya terpaut 3 poin. Mitra Kukar tercatat mengoleksi 12 poin sama dengan jumlah poin klub di atasnya, PSBS Biak.

Soal kepastian jadwal dalam babak delapan besar, Sekjen PSSI Yunus Nusi, menyebut masih harus berkoordinasi dengan pemerintah. Sebab, mendekati akhir tahun ini, akan ditetapkan lagi PPKM Level 3. Hal ini, tentu bakal berpengaruh terhadap jadwal babak 8 besar. Ia pun berharap pekan depan sudah ada kepastian babak 8 besar.

“Pekan depan kemungkinan baru ada kepastian soal jadwal,” kata dia.