Messi Kembali Raih Ballon d'Or, Ronaldo Jadi Bahan Lelucon

Lionel Messi - Twitter
01 Desember 2021 01:37 WIB Ichsan Kholif Rahman Sepakbola Share :

Harianjogja.com, PARIS—Lionel Messi merengkuh trofi Ballon d’Or untuk kali ketujuh dalam penganugerahan yang digelar di Theatre du Chatelet, Paris, Prancis, Selasa (30/11/2021) dini hari WIB. Penghargaan ini merupakan trofi Ballon dOr ketujuh yang disabet Lionel Messi setelah sebelumnya pada 2009, 2010, 2011, 2012, 2015 dan 2019.

La Pulga, julukan Lionel Messi, meraih poin tertinggi dengan 613 poin. Lionel Messi unggul tipis 33 poin dari Robert Lewandowski dari pemain asal Polandia dan klub Bayern Munich di tempat kedua. Lalu posisi ketiga ditempati Jorginho dengan koleksi 460 poin, Karim Benzema 239 poin, dan NGolo Kante 186 poin. Sedangkan Cristiano Ronaldo berada di peringkat enam. Ronaldo yang tidak hadir dalam penyerahan penghargaan itu disinyalir karena sudah mengetahui tidak akan menang.

Keputusan memenangkan Messi menimbang berbagai fakta, seperti Messi masih sanggup membawa Barcelona meraih trofi musim lalu, meski klub asal Catalunya itu menjalani periode terburuk karena gagal menjuarai La Liha 2020-2021. Namun Lionel Messi mentereng di level individu.

Messi menjadi top skor Liga Spanyol 2020-2021 dengan mengoleksi 30 gol dari 35 pertandingan. Lionel Messi sangat dominan. Ayah tiga anak ini unggul tujuh gol dari Karim Benzema bersama Real Madrid dan Gerard Moreno dari Villarreal di tempat kedua. Messi juga membawa Timnas Argentina juara Copa America 2021 setelah di final mengalahkan Brasil 1-0. Gelar itu merupakan gelar pertama Lionel Messi bersama Timnas Argentina semenjak debut pada 2005. Lalu Messi juga membuktikan lebih dahulu keluar dari zona nyaman dengan hijrah ke PSG. Bersama PSG, Lionel Messi tampil gemilang, dari 11 pertandingan di semua kompetisi, Lionel Messi mengemas empat gol dan tiga assist

Pesaing Lionel Messi, Robert Lewandowski mentereng bersama tim dengan mengemas 48 gol dari 41 pertandingan bersama Bayern Munich. Namun, Lewandowski gagal membawa klubnya meraih trofi bergengsi. Bayern Munich juara Liga Jerman 2020-2021 namun itu merupakan rutinitas tahunan. Selanjutnya ada Jorginho. Ia bersinar bersama tim dengan memenangkan trofi Liga Champions dan Piala Eropa 2020 namun gagal bersinar di level individu.

Ronaldo yang tidak hadir menjadi bahan tertawaan seluruh tamu penganugerahan Ballon d’Or yang dipandu legenda Pantai Gading, Didier Drogba.

Penyelenggara Ballon d’Or memunculkan foto lawas Didier Drogba dan Cristiano Ronaldo saat menjadi cover majalah asal Amerika Serikat, Vanity Fair, edisi Juni 2010. Foto keduanya menarik perhatian penonton yang hadir karena tampil telanjang dada.

Dalam foto itu. Cristiano Ronaldo dan Didier Drogba hanya mengenakan celana pendek yang identik dengan warna negara mereka. Cristiano Ronaldo mengenakan celana pendek berwarna merah, sedangkan Drogba menggunakan celana pendek berwarna oranye, putih dan hijau. Sontak foto lawas Didier Drogba dan Cristiano Ronaldo menjadi bahan tertawaan penonton yang hadir di Theatre du Chatelet. Bahkan Lionel Messi dan Kylian Mbappe terlihat tertawa terbahak-bahak.

Di luar penganugerahan Ballon d'Or, editor Majalah France Football, Pascal Ferre, membuat heboh karena memberikan komentar bahwa Cristiano Ronaldo baru akan pensiun jika berhasil melewati jumlah trofi Ballon d'Or yang dimiliki Lionel Messi. Tercatat Messi lebih unggul dua trofi dari Ronaldo yang langsung membantah pernyataan itu. Pernyataan itu justru membuat Messi kesal. Ia pun merasa Ferre seperti tak menghormati pesepakbola dan penghargaan pemain terbaik dunia. Persaingan antara Messi dengan Ronaldo dalam meraih trofi Ballon d'Or bisa dibilang cukup ketat.

La Pulga pun memberikan komentar pedas dengan menyebut pernyataan itu tidak bisa diterima oleh pihak yang bertanggung jawab atas France Football tidak memberikan rasa hormat kepada seseorang. Hal itu tentu dimaksudkan kepada Ronaldo.

“Tidak dapat diterima bahwa orang yang bertanggung jawab untuk memberikan hadiah bergengsi seperti itu bisa berbohong dengan cara ini. Sama sekali tidak menghormati seseorang yang selalu menghormati France Football dan Ballon d'Or” kata Messi.

 

Sumber : JIBI/Solopos