Atasi PSG Pati, PSIM Selangkah Lagi Lolos ke 8 Besar

Laga PSIM melawan PSG Pati di Stadion Manahan, Solo, Rabu (24/11/2021) malam. - Instagram @psimjogja_official
24 November 2021 20:42 WIB Ichsan Kholif Rahman Sepakbola Share :

Harianjogja.com, SOLO—PSIM Jogja sukses membekuk PSG Pati dengan skor 1-0 dalam laga kesembilan Grup C Liga 2 di Stadion Manahan, Solo, Rabu (24/11/2021) malam WIB. Kemenangan ini mendekatkan PSIM  ke delapan besar. Bagi PSG, hasil buruk ini membuat mereka terancam terlempar ke Liga 3 musim depan.

PSIM kini mengemas 16 angka dan hanya butuh hasil imbang saat menghadapi Persijap Jepara pada Selasa (30/11/2021) pekan depan. Saingan PSIM menuju delapan besar adalah PSCS yang mengoleksi 13 poin. Di pertandingan terakhir, PSCS akan menghadapi Persis Solo yang sudah menyegel tempat ke delapan besar.

Pada laga Rabu malam, PSIM dan PSG Pati bermain hati-hati.  Di babak pertama, tak banyak peluang yang tercipta. Kedua tim sama-sama saling menunggu serangan lawan. PSIM tercatat tak bisa melepaskan shot on target. Sementara PSG Pati punya satu tendangan yang mengarah ke gawang namun belum membuahkan gol.

Walhasil, pada babak pertama kedua tim bermain imbang 0-0. Sebelum babak pertama usai, PSG Pati melakukan dua pergantian pemain yakni memasukkan Yogi Rahardyan dan Risky Nopriansyah. Dua pemain yang diganti adalah Sutan Zico dan Diego Banowo.

Di babak kedua, permainan lebih terbuka. Kedua tim saling serang menyerang. Kendati demikian, serangan PSG Pati lebih banyak terhenti di lini pertahanan lawan. Permainan mereka pun terkesan monoton karena transisi lebih lambat.

Justru PSIM yang mampu bermain efektif. Hasilnya, pada menit ke-80, Laskar Mataram mampu unggul. Sugeng Effendi mampu mencatatkan namanya di papan skor setelah memanfaatkan umpan pendek dari rekannya di kotak penalti.

PSG Pati berupaya untuk mengejar ketertinggalan. Namun upaya mereka kian sulit setelah sang kapten Zulham Zamrun mendapat kartu kuning kedua setelah pergerakan tangannya mengenai pemain lawan. Sebelumnya, Zulham sudah mendapat kartu merah karena memprotes wasit.

Skor 1-0 untuk PSIM pun bertahan hingga laga usai. Dengan hasil ini, PSG Pati akan menjalani laga hidup mati melawan Hizbul Wathan FC di laga pamungkas. Duel itu untuk menentukan siapa yang akan bertahan dan terdegradasi ke Liga 3.