Indonesia Vs Afghanistan: Timnas Garuda Kalah Tipis, Elkan Cedera

Pelatih Shin Tae-yong - PSSI
17 November 2021 05:27 WIB Newswire Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Tim nasional Indonesia ditundukkan Afghanistan dengan skor 0-1 pada laga persahabatan internasional FIFA di Stadion Gloria, Antalya, Turki, Selasa (16/11/2021) malam WIB.

Satu-satunya gol pada pertandingan tersebut dibuat oleh pemain pengganti Omid Popalzay pada menit ke-85.

Terlepas dari kekalahan itu, Indonesia sejatinya tampil baik selama 90 menit. Anak-anak asuh pelatih Shin Tae-yong mampu membuat Afghanistan kesulitan.

Pada babak pertama, skuad "Garuda" mendapatkan dua kali peluang emas. Namun, eksekusi Witan Sulaeman dan Dedik Setiawan, yang sama-sama sudah mendapatkan ruang bebas di dalam kotak penalti, tak menemui sasaran.

Paruh perdana laga tuntas dengan skor imbang 0-0.

Pada babak kedua, Shin melakukan beberapa pergantian pemain. Juru taktik asal Korea Selatan tersebut memasukkan nama-nama seperti Ezra Walian, Irfan Jaya dan kadek Agung.

Sosok-sosok baru di lapangan membuat permainan Indonesia tampak lebih hidup. Namun, situasi buruk terjadi di kubu Indonesia ketika bek tengah Elkan Baggott cedera pada menit ke-68 dan harus ditandu ke luar lapangan.

Elkan mengalami benturan dengan pemain Afghanistan dan terlihat memegangi kepalanya saat dirawat tim medis.

Pada menit ke-70, Ricky Kambuaya menghadirkan peluang untuk Indonesia, tetapi bola tendangannya melambung. Setelah itu, sepakan Ezra Walian pada menit ke-74 ditepis kiper lawan.

Namun, pada menit ke-85, Afghanistan berhasil mencuri gol melalui sebuah serangan balik. Omid Popalzay sukses menyontek bola tepat di depan gawang Muhammad Riyandi, memanfaatkan umpan Mustafa Hadid di dalam kotak penalti.

Tertinggal 0-1, Indonesia berupaya untuk setidak-tidaknya memaksakan hasil imbang. Ezra Walian sempat melepaskan tendangan pada menit ke-90, tetapi bola melayang di atas mistar.

Perjuangan keras Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan sampai peluit akhir pertandingan tak berbuah gol. Afghanistan pun menutup laga tersebut dengan kemenangan 1-0.

Susunan pemain Indonesia vs Afghanistan:

Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong memasukkan pemain yang merumput di luar negeri mulai dari Elkan Baggott hingga Egy Maulana dalam daftar sebelas pertama laga persahabatan kontra Afghanistan di Stadion Gloria, Antalya, Turki, Selasa.

Di posisi bek tengah, Elkan (Ipswich Town, Inggris) akan bahu membahu dengan Fachruddin Aryanto. Mereka diapit oleh Pratama Arhan serta Asnawi Mangkualam Bahar yang masing-masing mengisi sektor pertahanan kiri dan kanan.

Rachmat Irianto ditugaskan Shin menjadi gelandang bertahan, ditemani sang kapten sekaligus pengatur serangan Evan Dimas.

Pemain sayap klub Lechia Gdansk (Polandia) Witan Sulaiman memberikan dukungan dari lebar lapangan, didampingi Ricky Kambuaya. Sementara Egy, pemain klub Slovakia FK Senica, berada di depan bersama Dedik Setiawan.

Adapun Afghanistan menurunkan gelandang yang sempat merumput untuk Persib, Farshad Noor. Farshad berperan sebagai kapten skuad asuhan pelatih Anoush Dastgir tersebut.

Pertandingan Indonesia versus Afghanistan terdaftar sebagai laga internasional FIFA sehingga kemenangan akan menambah poin salah satu tim di peringkat FIFA.

Berikut susunan pemain kedua tim.

Indonesia: Muhammad Riyandi-pg, Pratama Arhan, Elkan Baggott, Fachruddin Aryanto, Asnawi Mangkualam Bahar, Evan Dimas (kapten), Rachmat Irianto, Witan Sulaiman, Ricky Kambuaya, Dedik Setiawan, Egy Maulana Vikri.

Afghanistan: Ovais Azizi-pg, David Najem, Sharif Mukhamad, Abassin Alikhil, Adam Ahmed Najem, Noor Husin, Milad Intezar, Farshad Noor (kapten), Fareed Sadat, Faysal Shayesteh, Abdul Haidary.

Sumber : Antara