Xavi Latih Barcelona Mulai Desember 2021

Gerard Pique - Reuters/Miguel Vidal
29 Oktober 2021 07:37 WIB Newswire Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Barcelona mencapai kesepakatan dengan Xavi Hernandez untuk mengisi posisi pelatih menggantikan Pelatih Ronald Koeman yang sudah dipecat. Xavi akan menangani Blaugrana setelah jeda internasional November mendatang.

Harian Spanyol Ara, seperti dikutip AS, menyebut kesepakatan Barca dengan Xavi itu sudah terjadi beberapa waktu lalu. Laporta tinggal menunggu waktu yang tepat untuk memecat Koeman.

Xavi disebut sudah sangat ingin kembali ke Spanyol dan melatih klub yang pernah dia bela nyaris sepanjang karirnya sebagai pesepakbola. Nama Xavi bahkan sudah beredar kencang sejak mereka mencari pengganti untuk Quique Setien pada akhir musim 2019-2020.

Saat itu Xavi kurang cocok dengan kepemimpinan Josep Maria Bartomeu yang masih menjadi Presiden Barca sehingga menolak pinangan tersebut. Pada pemilihan Presiden Barca, yang akhirnya dimenangkan oleh Joan Laporta, Xavi kabarnya mendukung calon Victor Font.

Dukungan terhadap Font itu yang membuat Laporta kemudian sedikit meragukan loyalitas Xavi kepadanya. Akan tetapi hubungan Laporan dan Xavi kini disebut telah kembali membaik. Pada awal musim lalu, keduanya bahkan sempat dikabarkan bertemu saat Xavi kembali ke Spanyol untuk berlibur bersama keluarganya.

Dari situ, komunikasi keduanya terjalin semakin erat sehingga terciptalah kesepakatan diantara mereka bahwa Xavi akan menggantikan Koeman pada November mendatang.

Kekalahan dari Real Madrid di laga El Clasico akhir pekan lalu plus dari Rayo Vallecano pada Kamis dini hari tadi dianggap sebagai momentum yang tepat untuk memecat Koeman. Si pelatih tak lagi diberikan kesempatan untuk memperbaiki performa timnya meskipun pada dua laga sebelumnya sempat meraih kemenangan dari Valencia dan Dynamo Kiev.

Sebelum mengumumkan nama Xavi Hernandez, menurut laporan itu, Gerard Pique cs akan ditangani oleh Pelatih Barcelona B Sergi Barjuan. Barcelona akan menghadapi Alaves dan Dynamo Kiev dibawah komando pelatih yang juga pernah bermain untuk Barcelona itu.

Sumber : JIBI/Bisnis.com