Koeman Sudah Dipecat, Xavi Kandidat Terkuat Pelatih Barcelona

Xavi - Twitter @FabrizioRomano
28 Oktober 2021 12:27 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Ronald Koeman akhirnya dipecat sebagai Pelatih Barcelona setelah Blaugrana kalah 0–1 dari tuan rumah Rayo Vallecano pada lanjutan La Liga Spanyol, Kamis (28/10/2021) dini hari WIB. Eks gelandang Barca, Xavi, kini menjadi kandidat terkuat pengganti Koeman.

Pakar transfer Fabrizio Romano mengatakan direksi Barceloba secara intensif berembuk dengan Xavi yang kini melatih klub Qatar, Al-Sadd. Barca memulai pembicaraan serius dengan Xavi sejak sepekan lalu. Xavi sudah lama menginginkan jabatan Pelatih Barcelona. Barca harus memberikan kompensasi karena Xavi masih terikat kontrak dengan Al-Sadd hingga 2023.

Barcelona menyiapkan opsi lain jika pembicaraan dengan Xavi dan Al-Sadd menemui jalan buntu. Sergi Barjuan akan ditunjuk sebagai pelatih sementara hingga akhir musim. Sergi Barjuan, eks bek kiri Barcelona sekarang sudah diberi tanggung jawab sebagai pelatih sementara. Sebelumnya, dia adalah pelatih Barcelona B.

Koeman hanya 14 bulan bertugas di Nou Camp. Musim ini, Barca tampil buruk dengan mengumpulkan 15 poin dari 10 pertandingan di La Liga dan sudah kalah dua kali di babak penyisihan grup Liga Champions Eropa musim ini.

Blaugrana berada di urutan kesembilan klasemen sementara La Liga, terpaut 6 poin dari empat tim pemimpin bersama—Real Madrid, Sevilla, Real Betis, Real Sociedad—setelah kalah 0–1 dari tuan rumah Rayo Vallecano.

Kekalahan itu merupakan yang ketiga bagi Barca dalam empat pertandingan terakhir mereka, termasuk menyusul kekalahan di El Clasico pada Minggu (24/10/2021) dari Real Madrid.

"Presiden klub, Joan Laporta, memberi tahu dia [Koeman] tentang keputusan tersebut setelah kekalahan melawan Rayo Vallecano. Ronald Koeman akan mengucapkan selamat tinggal kepada skuat pada Kamis," demikian keterangan resmi Barcelona.

Mantan bos Belanda, Everton, dan Southampton, 58 tahun, hanya bisa mengantar juara Eropa lima kali itu ke tempat ketiga musim lalu.

Koeman makin tertekan akibat masalah keuangan klub, yang mengakibatkan keluarnya Lionel Messi dan selanjutnya pindah ke klub Prancis Paris Saint-Germain pada Agustus lalu.

Barcelona tidak dapat mengeluarkan uang untuk membeli pemain baru di musim panas, dengan Memphis Depay, Sergio Aguero, dan Eric Garcia tiba sebagai transfer gratis dan striker Luuk de Jong bergabung dengan status pinjaman dari Sevilla.

Setelah dikalahkan Rayo, Koeman berkara, “Itu [posisi liga Barcelona] menunjukkan kami tidak baik. Tim kehilangan keseimbangan dalam skuat, kehilangan pemain yang sangat efektif, itu terlihat. Dalam beberapa tahun terakhir, klub lain memperkuat diri setiap musim dan kami tidak, itu juga terlihat."